PENGEMBANGAN E-POCKET LEARNING BERBASIS APLIKASI MOBILE SYSTEM FUEL INJECTION GASOLINE ENGINE UNTUK MENINGKATKAN PRACTICE SKILL DAN SELF EFFICACY SISWA SMK N 1 SINGOSARI PADA ERA PANDEMI

Thrie Krisna M.B.K.D. Putra, Sumarli Sumarli, Fuad Indra Kusuma

Abstract


Dengan adanya inovasi pembelajaran menggunakan teknologi aplikasi andorid pada smartphone siswa dapat merangsang minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan produk e-pocket learning berbasis aplikasi mobile system fuel injection gasoline engine di SMKN 1 Singosari (2) mengetahui kelayakan e-pocket learning berbasis aplikasi mobile system fuel injection gasoline engine di SMKN 1 Singosari, (3) mengetahui apakah terdapat peningkatan practice skill dengan adanya pengembangan inovasi pembelajaran e-pocket learning berbasis aplikasi mobile system fuel injection gasoline engine, (4) mengetahui apakah terdapat peningkatan self efficacy dengan adanya pengembangan inovasi pembelajaran e-pocket learning berbasis aplikasi mobile system fuel injection gasoline engine. ADDIE adalah model pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini dengan lima fase antara lain Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Angket efikasi diri dan soal praktikum sistem electronic fuel injection digunkan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa e-pocket learning yang telah dikembangkan berdasarkan skor ahli materi memperoleh prosentase 81% dengan kategorisasi sangat layak, data berdasrkan ahli media memperoleh prosentase 92% dengan kategorisasi sangat layak, terdapat peningkatan kemampuan praktik dan efikasi diri siswa dengan berdasarkan pengujian paired sample t-test nilai Sig. sebesar 0,00 < 0,025 pada taraf signifikansi 2,5%.

Keywords


e-pocket learning; praktik; efikasi diri

Full Text:

PDF

References


UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirawan, Panji Wisnu. 2011. Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web ke Dalam M-Learning. Jurnal Universitas Diponegoro. (Vol. 2. No. 4).

Mukholich, Azwar .2018. Pengembangan Buku Saku Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Untuk Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

M. Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Arsyad, A. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rustika, I Made. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Yogyakarta: Buletin Psikologi. Vol 2, No. 1-2. (Online). (https://jurnal.ugm.ac.d/buletin psikologi/article/view/11945/8799) diakses 20 September 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p29-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats