PENGGUNAAN ANTARA THERMAL FOAM ALUMUNIUM 5MM DAN KARPET 5MM UNTUK MEREDAM KEBISINGAN DIBERBAGAI KECEPATAN KENDARAAN MESIN DIESEL KONVENSIONAL 2446CC PADA KABIN PENGEMUDI

M H Richard Gelar Gumelar, Marji Marji, Muchammad Harly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan pada kabin pengemudi mesin diesel konvensional 2446cc. Metode yang digunakan berupa metode penelitian eksperimental, yaitu metode yang digunakan dapat dipakai untuk menguji pengaruh dari suatu perlakuan atau tingkat kebisingan pada kabin kendaraan roda empat bermesin diesel 2446cc dengan menggunakan thermal foam alumunium dan karpet. Hasil yang diperoleh antara lain: 1) Kebisingan desibel pada kecepatan 10km/jam kabin standar 73,52 db, thermal foam alumunium 65,92 db dan karpet 70,86 db. Kebisingan decibel pada kecepatan 30km/jam kabin standar 76,24 db, thermal foam alumunium 72 db, dan karpet 75,04 db; 2) Frekuensi hz pada kecepatan 10km/jam kabin standar 39,04 hz, thermal foam alumunium 27,72 hz, dan karpet 37,46. Pengukuran frekuensi hz pada kecepatan 30 km/jam kabin standar 74,04 hz, thermal foam alumunium 46,42 hz, dan karpet 69,46 hz.

Keywords


kebisingan; diesel; kabin

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (2016). Kebisingan Dapat Mengganggu Kesehatan Organ Jantung. Retrieved September 1, 2021, Dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Website: http://dinkes.sumutprov.go.id/artikel/ kebisingan-dapat-mengganggu-kesehatan-organ-jantung

Gabriel, J. F. (2001). Fisika Lingkungan. Jakarta: Hipokrates.

Nurin, F. (2021). Seberapa Keras Suara yang Bisa Merusak Telinga? Retrieved September 1, 2021, Dari Hellosehat Website: https://hellosehat.com/tht/telinga/suara-terlalu-keras-merusak-telinga/

Rahmat, D. B., Armen, A. H., & Prajitno, G. (2013). Pengaruh Penambahan Bahan Redam Pada Kebocoran Alat Ukur Daya Isolasi Bahan. Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 9(2), 90. https://doi.org/10.12962 /j24604682.v9i2.847

Rizani, N. G. El. (2021). Cara Mudah Meredam Bisingnya Mesin Diesel, Pakai Material Ini. Retrieved September 1, 2021, Dari Otoseken.id Website: https://otoseken .gridoto.com/read/342552988/cara-mudah-meredam-bisingnya-mesin-diesel

Thomson, W. T. (1992). Teori Getaran Dengan Penerapan. Jakarta:Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p59-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats