PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCAR (SMART CARD AUGMENTED REALITY) BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PENDINGINAN UNTUK SISWA TKR DI SMK PGRI 3 MALANG

Maulid Khoirul Afnan, Sumarli Sumarli, Imam Muda Nauri

Abstract


Penelitian ini membuat media pembelajaran SCAR (Smart Card Augmented Reality) untuk mata pelajaran Perawatan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) dengan materi kerangka pendingin untuk siswa TKR di SMK PGRI 3 Malang. Motivasi di balik tinjauan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dan kemudian menguji kemungkinan media tersebut berdasarkan uji kelayakan narasumber, pengajar, uji kelayakan master media, pendahuluan perkumpulan kecil, dan pendahuluan perkumpulan besar. Ujian ini diarahkan menggunakan teknik RnD (Research and Development), yang diharapkan dapat menciptakan item baru melalui interaksi kemajuan. Hasil yang diperoleh dalam review ini adalah item aplikasi media pembelajaran memanfaatkan inovasi realitas diperluas, skor yang didapat dari uji coba persetujuan ahli materi pembicara adalah 95,54%, tes persetujuan master materi instruktur adalah 95,73%, tes persetujuan master media adalah 91,37%, pendahuluan sedikit pengumpulan 84,66%, dan pengumpulan besar pendahuluan 91,14%. Informasi hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 5,18% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran SCAR (Smart Card Augmented Reality) sangat berpengaruh terhadap sistem pembelajaran di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang.

Keywords


pengembangan; media; AR; android; sistem pendinginan

Full Text:

PDF

References


Akcayir, M. & Akcayir, G. 2016. Advantages and Challenges Associated With Augmented Reality For Education: A Systematic Review of The Literature. Skripsi Diterbitkan. Ankara, Turkey: Faculty of Gazi Education Departemen of Computer Eduacation and Instructional Tech¬nologies.

Godoy Jr., C., H. 2020. Augmented Realiry for Education: A Review. International Jurnal of Innovative Science and Research Technlogy, 5(6), 39-45.

Hamid, F. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Adobe Flash Air Berbasis Android Pada Materi Sistem Starter Untuk Siswa TKR Kelas X1 Di SMK Negeri 1 Nglegok. Malang: UM

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25. Dari http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/article/view/266

Harta, G., W., Wahyuni, D., S. & Santyadiputra, G., S. 2021. Kepraktisan Media Pembelajaran Augmented Reality Mata Pelajaran Sablon Untuk SMK. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2), 182-192.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing

Mukhadis, A. 2017. Kiat Menulis Karya Ilmiah. Malang: Aditya Media Publishing

Mukhadis, A. 2018. Pendekatan Kuantilatif dalam Penelitian Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.

Nastiti, F., E. & ‘Abdu A., R., N. 2020. Kesiapan Pendidikan Indonesia Meng-hadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(1), 61-66.

OECD. 2019. PISA 2018 Result. In OECD Publishing. Diakses pada Kamis, 07 Oktober 2021 pukul 07.00 melalui http://www.oecd.org/pisa/publications/

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Purba, L. I. B., Chamidah, D., Jamaludin, F. J. K. & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pamoedji, A.K., Maryuni, & Sanjaya R. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suhartono. 2019. Handphone Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: Indocamp.

Wahyudi, U., Wibawanto, H., & Hardyanto, W. 2017. Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality Untuk Desain Interior dan Eksterior. Innovative Journal of Curiculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 98-107




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p69-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats