PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI

Andri Irawan, Partono Partono, Paryono Paryono

Abstract


Pelatihan yang ideal adalah sekolah yang dapat lebih mengembangkan kemajuan belajar siswa yang menyatukan berbagai aspek, naik mental, penuh perasaan maupun psikomotorik. Peningkatan perilaku peserta didik juga harus diamati supaya pendidikan tidak menjadikan orang yang memiliki prestasi dalam belajar tetapi orang yang memiliki beretika tinggi. Artikulasi ini berkaitan dengan kapasitas sekolah umum di dalam UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mengingat alasan persekolahan yang telah membuat strategi pemerintah, tugas pengajar bukan hanya sekedar sebagai pendidik yang hanya bertukar informasi kepada siswa. Satu hal yang dapat dilakukan pendidik untuk bekerja pada sifat pembelajaran mereka adalah untuk memahami sifat-sifat siswa. Pengajar harus memiliki pilihan untuk memahami bagaimana siswa belajar untuk menetapkan tipe pembelajaran yang sesuai agar tujuan pada pembelajaran tercapai dengan sempurna. Berdasarkam persepsi yang dibuat pada SMK Pawyatan Daha 3 Kediri diperoleh informasi mengenai pencapaian belajar dan motivasi belajar untuk kemampuan TKR kelas XI cara mengikuti sistem pendingin terdapat 60% siswa yang mengikuti motivasi rendah pada model pembelajaran ceramah (tradisional), dan 60% hasil belajar model pembelajaran ceramah masih banyak dibawah KKM sekolah. Alasan peneliti ialah untuk melihat pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar serta menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperativ Tipe Team Assisted Individualization di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri.

Keywords


kooperatif; TAI; motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, R.E. 1995. Cooperatif Learning Theory Research, and Practice. Second Edition. Boston. Allyn and Bacon Publisher.

Sanjaya , W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Kencana Preda Media Group.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Robert E. Slavin. (1995). Cooperative Learning-Theory, Research, and Practice. Baston: Allyn and Bacon.

Salvin. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p81-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats