PENGARUH PERUBAHAN VARIASI JUMLAH LUBANG INJEKTOR TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR VARIO 125CC

Fahregi Alifian Mahendra, Sumarli Sumarli, Muhammad Harly

Abstract


Teknologi sistem injeksi merupakan teknologi yang sedang berkembang dalam dunia otomotif. Teknologi tersebut mampu meningkatan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Sistem tersebut menggunakan beberapa sensor untuk menentukan volume dan waktu bahan yang disemprotkan berdasarkan nilai air fuel ratio yang sudah ditetapkan atau diprogram dalam sistem tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan torsi, daya, konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Vario 125cc dengan variasi penggunaan injektor 4 lubang, 6 lubang dan 8 lubang. Rancangan penelitian dengan metode desain faktorial experimen. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa: 1). Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan injektor 4 lubang, 6 lubang dan 8 lubang  terhadap torsi sepeda motor Vario 125cc; 2). Tidak ada terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan injektor 4 lubang, 6 lubang dan 8 lubang  terhadap daya sepeda motor Vario 125cc; 3). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan injektor 4 lubang, 6 lubang dan 8 lubang  terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Vario 125cc.

Keywords


injektor; daya; torsi; konsumsi bahan bakar; vario 125cc

Full Text:

PDF

References


Arwin; Yuliati, L. & Widodo, A. S. 2019. Karakteristik Pembakaran Droplet Campuran Bahan Bakar Bensin-Etanol. Prosiding SENIATI, 5(1), 291-296. DOI: https://doi.org/10.36040/seniati.v5i1.453.

Fahrudin, A.; Fajariansyah, A. & Bukhori, A. 2016. Pengaruh Vaporasi Bahan Bakar Pertamax Terhadap Performa Sepeda Motor Dibandingkan dengan Pemanasan Biasa. R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal, 1(2), 1-7. DOI: http://dx.doi.org /10.21070/r.e.m.v1i2.550.

Hermawan, M. V., & Winarta, A. E. 2020. Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Lubang Nosel Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor. Jurnal Teknika, 6(3), 77-84. Dari: https://jurnal.sttw.ac.id/index.php /jte/article/view/91.

Hung, D. L., et. all. 2009. Gasoline Fuel Injector Spray Measurement and Characterization–a new SAE J2715 recommended practice. SAE International Journal of Fuels and Lubricants, 1(1), 534-548. DOI: http://dx.doi.org/ 10.4271/2008-01-1068.

Kurniawan, R. 2018. Analisis pengaruh penggunaan injector terhadap unjuk kerja honda Beat FI. Jurnal Teknik Mesin, 5(2), 27-30. Dari: http://jurnal.ubl.ac.id/ index.php/JTM/article/view/1205.

Mafruddin; Segara, C. G. & Dharma, U. S. 2019. Kinerja Mesin Sepeda Motor dengan Sistem Vaporasi Bahan Bakar. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 8(1), 56-63. DOI: http://dx.doi.org/ 10.24127/trb.v8i1.922




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p15-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats