PENGARUH PEMASANGAN SHOCK ABSORBER MULTI STAGE UNTUK MENGURANGI SUDUT PITCHING, DAMPER RATIO DAN EFISIENSI PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR CB150R

A Effendy Ismail, Sumarli Sumarli, Muhammad Harly

Abstract


Kenyamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor utama disamping kinerja dari mesin kendaraan itu sendiri, salah satunya dipangaruhi oleh sistem suspensi yang berfungsi untuk menyerap getaran dari permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan shock absorber multi stage dengan empat tingkat kekakuan untuk mengurangi sudut pitching, damper ratio dan efisiensi pengereman pada sepeda motor Honda CB150R. Metode pengujian sudut pitching yaitu dengan menggunakan sensor inclinometer yang terdapat pada aplikasi DashCommand (OBD ELM App) dengan melewati speed bump pada variasi kecepatan. Metode pengujian damper ratio yaitu dengan cara keadaan statis sepeda motor diberikan beban kejut pada shock absorber belakang dan dihitung waktu dan jarak lendutannya. Metode pengujian efisiensi pengereman dilakukan dengan melakukan pengereman penuh pada variasi kecepatan kemudian dihitung waktu pengereman hingga berhenti. Hasil pada penelitian ini memaparkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan shock absorber multi stage dan shock absorber standar terhadap sudut pitching dimana terjadi penurunan sebesar 15 persen pada shock absorber stage ke-1 yaitu 12˚ pada kecepatan 60 km/j. Perbedaan yang signifikan juga dihasilkan pada pengujian damper ratio yaitu terjadi penurunan maksimal pada shock absorber stage ke-1 sebesar 0,61 Ns/cm dengan beban 50 kg. Pada hasil pengujian efisiensi pengereman tidak ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan shock absorber multi stage pada stage 1,2,3,4 dan shock absorber standar masing-masing menghasilkan efisiensi pengereman sebesar 61 persen, 60 persen, 54 persen, 53 persen dan 51 persen pada kecepatan 20 km/j.

Keywords


Shock absorber multi stage; Sudut pitching; Damper ratio; Efisiensi pengereman

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. N. 2015. Pengaruh Pengereman Terhadap Kecepatan Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Dengan Rem Cakram Doubel Piston. Nozzle: Journal Mechanical Engineering, 4(2), 83-87. DOI: http://dx.doi.org/10.30591/ nozzle.v4i2.797.

Irawan, B. & Prasetyo, G. A. 2021. Desain Dan Pembuatan Smart Absorber Mekanik Beban Maksimum 100KgF. Prosiding SNRTM, 01, 34–38. Dari: https:// sntt.polinema.ac.id/index.php/snrtm/article/view/12.

Jazar, R. N. 2008. Vehicle Dynamics: Theory and Application. Berlin: Spinger.

Karyasa, T. B. 2011. Dasar-dasar Getaran Mekanis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Noerdien, A.; Rubiono, G. & Qiram, I. 2018. Pengaruh Studi Karakteristik Getaran Shock Breaker Pada Sepeda Motor Matic 110 CC. V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article), 3(1), 5–8. DOI: https://doi.org/10.36526/v-mac.v3i1.

Nusyirwan, N. 2017. Kaji Perbandingan Karakteristik Respon Dinamik Suspensi Sepeda Motor dengan Memakai Peredam Viscous Oli Sintetis dan Minyak Nabati. METAL: Jurnal Sistem Mekanik dan Termal, 1(2), 133-141. DOI: https://doi.org/ 10.25077/metal.1.2.133-141.2017.

Pranoto, E.; Hidayat, A. M.; Humami, F. & Hakim, M. I. N. 2020. Komparasi Effisiensi Pengereman Pengujian Rem Statis (Static Brake Test) Dan Pengujian Rem Jalan (Road Brake Test). Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(1), 19–25. DOI: https://doi.org/10.46447/ktj.v7i1.72.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandoko. 2014. Analisis getaran pada sistem suspensi kendaraan roda dua (yamaha jupiter z 2004) menggunakan simulasi software matlab 6.5. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Priyambada, P. & Sutantra, I. N. 2016. Analisis Kenyamanan serta Redesain Pegas. Jurnal Teknik ITS, 5(2), E85-E90. DOI: http:// dx.doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.20100.

Tentua., B. G. 2011. Analisa Respon Dinamik Sepeda Motor Terhadap Posisi Sudut Suspensi. Jurnal Teknologi, 8(1), 859 -866. Dari: https://ejournal.unpatti.ac.id/ppr_ paperinfo_lnk.php?id=202.

Usman, K. M. & Syarifudin. 2016. Rancang Bangun Suspensi Belakang Tipe Swing Arm pada Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Politeknik Harapan Bersama. Nozzle: Journal Mechanical Engineering, 5(2), 140–144. DOI: http://dx.doi.org/10.30591/ nozzle.v5i2.813.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p23-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats