PENGARUH PEMASANGAN SHOCK ABSORBER MULTI STAGE UNTUK MENGURANGI SUDUT PITCHING, DAMPER RATIO DAN EFISIENSI PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR CB150R
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, A. N. 2015. Pengaruh Pengereman Terhadap Kecepatan Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Dengan Rem Cakram Doubel Piston. Nozzle: Journal Mechanical Engineering, 4(2), 83-87. DOI: http://dx.doi.org/10.30591/ nozzle.v4i2.797.
Irawan, B. & Prasetyo, G. A. 2021. Desain Dan Pembuatan Smart Absorber Mekanik Beban Maksimum 100KgF. Prosiding SNRTM, 01, 34–38. Dari: https:// sntt.polinema.ac.id/index.php/snrtm/article/view/12.
Jazar, R. N. 2008. Vehicle Dynamics: Theory and Application. Berlin: Spinger.
Karyasa, T. B. 2011. Dasar-dasar Getaran Mekanis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Noerdien, A.; Rubiono, G. & Qiram, I. 2018. Pengaruh Studi Karakteristik Getaran Shock Breaker Pada Sepeda Motor Matic 110 CC. V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article), 3(1), 5–8. DOI: https://doi.org/10.36526/v-mac.v3i1.
Nusyirwan, N. 2017. Kaji Perbandingan Karakteristik Respon Dinamik Suspensi Sepeda Motor dengan Memakai Peredam Viscous Oli Sintetis dan Minyak Nabati. METAL: Jurnal Sistem Mekanik dan Termal, 1(2), 133-141. DOI: https://doi.org/ 10.25077/metal.1.2.133-141.2017.
Pranoto, E.; Hidayat, A. M.; Humami, F. & Hakim, M. I. N. 2020. Komparasi Effisiensi Pengereman Pengujian Rem Statis (Static Brake Test) Dan Pengujian Rem Jalan (Road Brake Test). Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(1), 19–25. DOI: https://doi.org/10.46447/ktj.v7i1.72.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhandoko. 2014. Analisis getaran pada sistem suspensi kendaraan roda dua (yamaha jupiter z 2004) menggunakan simulasi software matlab 6.5. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Priyambada, P. & Sutantra, I. N. 2016. Analisis Kenyamanan serta Redesain Pegas. Jurnal Teknik ITS, 5(2), E85-E90. DOI: http:// dx.doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.20100.
Tentua., B. G. 2011. Analisa Respon Dinamik Sepeda Motor Terhadap Posisi Sudut Suspensi. Jurnal Teknologi, 8(1), 859 -866. Dari: https://ejournal.unpatti.ac.id/ppr_ paperinfo_lnk.php?id=202.
Usman, K. M. & Syarifudin. 2016. Rancang Bangun Suspensi Belakang Tipe Swing Arm pada Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Politeknik Harapan Bersama. Nozzle: Journal Mechanical Engineering, 5(2), 140–144. DOI: http://dx.doi.org/10.30591/ nozzle.v5i2.813.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p23-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.