PERBEDAAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MONOPOLI OTOMOTIF DAN POWER POINT PADA KOMPETENSI CARA KERJA MESIN 2 DAN 4 LANGKAH SISWA KELAS X SMKN DARUL ULUM MUNCAR

Rifkya Agus Mustofa, Partono Partono, Erwin Komara Mindarta, Dani Irawan

Abstract


Penggunaan media game sebagai media pembelajaran dapat digunakan untuk mengatasi beberapa hambatan yang mungkin dialami oleh siswa terutama saat pembelajaran ceramah yang cepat membuat siswa merasa bosan, media pembelajaran game bisa menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan tanpa adanya rasa bosan. Dengan penerapan media pembelajaran game diharapkan bisa memberikan perubahan dalam kegiatan belajar, sehingga membuat hasil belajar siswa bisa ditingkatkan. Hasil dari penelitian media game monopoli otomotif lebih baik daripada media power point dengan nilai mean hasil belajar 80,71 dan 73,76 dengan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis dinyatakan diterima jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kompetensi cara kerja dari mesin 2 dan 4 langkah siswa kelas X di SMKN Darul Ulum Muncar. hal ini membuktikan jika memakai media game monopoli otomotif dapat membuat hasil belajar meningkat lebih baik dari pada media power point.

Keywords


media pembelajaran; game monopoli otomotif; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adityo, B., & Junaidi. 2021. Pengembangan Media belajar Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 5 Bengkulu Utara. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 277-284. DOI: https://doi.org/10. 24036/sikola.v2i4.125.

Anisah, S. 2018. Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Akuntasi di Smkn 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE-UM

Fadillah, A. 2015. Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 1-12. DOI: http://dx. doi.org/10.24853/fbc.1.2.1-12.

Abid, M. N. 2016. Kelemahan dan Kekurangan Metode Ceramah, (online), (https:// dosenmuslim.com/pendidikan/kelebihan-dan-kekurangan-dalam-metode-ceramah/). Diakses 20 April 2022.

LP3UM. (2020). Rumah Inovasi /Disruptive Learning Innovation. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nisa, U. K.; Shavab, O. A. K. & Jayusman, I. 2020. Pengaruh Media Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Siswa Kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 172-187. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.092.05.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryadi, A.; Rosiyanti, H. & Aspar, M. 2021. Pengembangan Media Belajar Menggunakan Software Camtasia Bagi Guru Lab School FIP-UMJ. PROSIDING SEMNASKAT LPPM UMJ 2020. 1(1), 1-5. Dari: https://jurnal.umj.ac.id/index. php/semnaskat/article/view/7981.

Widodo, K. 2017. Pentingnya Media dalam Pembelajaran, (online), (https://www.igi. or.id/pentingnya-media-dalam-pembelajaran.html) Diakses 19 April 2022.

Zakky. 2020. Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli, (Online) , (https://www.zonareferensi.com/pengertian-metode-pembelajaran/), diakses 23 February 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p49-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats