UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH DENGAN PENGGUNAAN VARIASI BUSI

Agus Choirul Arifin, Rahayu Mekar Bisono

Abstract


Sistem pengapian sepeda motor berasal dari busi yang berperan sebagai sumber bunga api yang diperlukan membakar bahan bakar yang telah bercampur dengan udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji performa daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan variasi jenis busi dan jenis bahan bakar. Busi yang digunakan adalah busi standart, kaki dua, platinum, dan iridium dan bahan bakar yang digunakan adalah pertalite,. Pengujian performa dilakukan menggunakan kendaraan sepeda motor 150 cc. Hasil pengujian diperoleh meliputi daya puncak pada pengujian bahan bakar pertalite dengan menggunakan busi iridium sebesar 14,2 Hp pada putaran mesin 8000 RPM. Torsi tertinggi dari seluruh data pengujian bahan bakar pertalite dengan menggunakan busi standart sebesar 13,40 Nm pada putaran mesin 7000 rpm. Konsumsi bahan bakar spesifik tertinggi untuk bahan bakar pertalite dengan menggunakan busi Standart Pabrikan memperoleh sebesar 0.130 kg/kWh pada  putaran mesin  4000  RPM  dan konsumsi bahan bakar spesifik terendah memperoleh sebesar 0.071 kg/kWh Pada putaran mesin 6000 RPM.


Keywords


Bahan bakar; perofrma mesin; busi; konsumsi bahan bakar; RPM

Full Text:

PDF

References


Astra Motor. 2021. Jenis-Jenis Busi Dan Fungsinya, (online), (dari https://www. astramotor.co.id/jenis-jenis-busi-dan-fungsinya/). Diakses pada 18 Maret 2023.

Arismunandar, W. 2001. Pengantar turbin Gas dan Motor Propulsi. Bandung: Penerbit ITB.

Abdel-Rehim, A. A. 2013, Impact of Spark Plug Number of Ground Electrodes On Engine Stability. Ain Shams Engineering Journal, 4(2), 307-316. DOI: https://doi. org/10.1016/j.asej.2012.09.006.

Gunawan, A. 2008. Pengaruh Penggunaan Busi Standar & Busi Bermassa Tiga Jika Menggunakan Bahan Bakar Alkohol Terhadap Kinerja Mesin. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Jama, J. & Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor (Jilid 2). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Putra, R. C.; dkk. 2021. Pengaruh Variasi Busi dan Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor 4 Tak 110cc. Journal of Automotive Technology Vocational Education, 2(2), 10-20. DOI: https://doi.org/10. 31316/jatve.v2i2.2063.

Rosid. 2015. Analisis Proses Pembakaran Sistem Injection Pada Sepeda Motor dengan menggunakan Bahan bakar Premium dan Pertamax. Jurnal Teknologi, 7(2), 86-92. DOI: https://doi.org/10. 24853/jurtek.7.2.86-92.

Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor. Surabaya: Unesa University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p55-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats