ANALISA DAN PENGARUH PERGESERAN SETTING AWAL TPS PADA LEARNING IDLE VOLUME TERHADAP PUTARAN IDLE DAN EMISI GAS BUANG HC DAN CO HONDA BEAT 110 CC

Fani Fadholi Reza, Muchammad Harly, Imam Muda Nauri

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen menggunakan objek penelitian Honda Beat 110cc. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Pada eksperimen ini pengujian dilakukan dengan melakukan pergeseran posisi awal sensor TPS pada posisi 10, 20, 30.  Variabel bebas pada penelitian ini adalah pergeseran posisi awal sensor TPS. Sedangkan variabel terikatnya yaitu putaran idle dan emisi gas buang HC dan CO. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penelitian yaitu: 1) Pengaruh learning idle volume pada pergeseran setting awal TPS terhadap putaran idle honda beat 110 cc dengan putaran idle yang menggunakan pergeseran 10 memperoleh nilai sebesar 0,277, pergeseran 20 memeperoleh nilai sebesar 0,416 dan putaran idle pergesaran 30 memperoleh nilai sebesar 0,453; 2) Tidak terdapat pengaruh learning idle volume pada pergeseran setting awal TPS terhadap emisi gas buang HC dan CO. Hal tersebut dibuktikan pada saat posisi TPS digeser 10 pada 7500 RPM menghasilkan emisi gas buang HC dan CO sebesar 958 ppm dan 2,5 persen, posisi TPS digeser 20 pada 7500 RPM menghasilkan 859 ppm dan 2,47 persen, posisi TPS digeser 30 pada 7500 RPM menghasilkan 833 ppm dan 2,74 persen; dan 3) Terdapat pengaruh learning idle volume pada pergeseran setting awal TPS terhadap putaran idle dan tidak ada pengaruh pergeseran TPS terhadap emisi gas buang.

Keywords


TPS; learning idle; putaran idle; emisi

Full Text:

PDF

References


Arismunandar W, 2002. Penggerak Mula Motor bakar Torak. Bandung: ITB.

Isal. 2020. Pernah Dengar Istilah TPS pada Motor Injeksi? Ternyata Begini Cara Kerjanya, (online), (https://www.gridoto.com/read /222221949/pernah-dengar-istilah-tps-pada-motor-injeksi-ternyata-begini-cara-kerjanya?). Diakses 21 April 2022.

Machmud, S; Surono, U. B. & Sitorus, L. (2013). Pengaruh Variasi Unjuk Derajat Pengapian Terhadap Kerja Mesin, Jurnal Teknik, 3(1), 58-64. Dari: https://adoc. pub/pengaruh-variasi-unjuk-derajat-pengapian-terhadap-kerja-mesi.html.

Nasrun, dkk. 2008. Teknik Mekanik Otomotif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Paridawati. 2014. Optimasi Efiensi Motor Bakar Sistem Injeksi menggunakan Metode Simulasi Article Neural Network. Jurnal Prossiding SNATIF, 1, 161-164. Dari: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/189.

Subronto, T. 2021. Perlu Tahu, Kode Kerusakan Sistem Injeksi Honda Dan Cara Gampang Reset ECU, (online), (https://www. carmudi.co.id/journal/kode-kerusakan-sistem-injeksi-honda-dan-cara-reset-ecu/). Diakses 21 April 2022.

Suharyono, L. 2020. Konstruksi Dasar EFI, (online), (http://lilik-s.blogspot.com/ 2020/08/konstruksi-dasar-efi.html). Diakses 20 April 2022.

Suhermanto, M. 2012. Pengaruh Penghalusan Intake Manifold dan Penggunaan Turbocyclone Terhadap Emisi Gas Buang (CO dan HC) Pada Motor Bensin 4 Tak. Skripsi tidak di terbitkan. Malang: FT-UM.

Suyanto, W.. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wikipedia, 2016. Mesin bensin, (online), (https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_bensin). Diakses 20 April 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p67-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats