PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ARTICULATE STORYLINE 3 PADA ALAT UKUR ELEKTRIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PDTO SISWA KELAS X TKRO SMKN 1 SINGOSARI

Muhammad Nur Ali, Sumarli Sumarli, Paryono Paryono

Abstract


Penelitian ini membandingkan hasil belajar dan minat siswa PDTO yang menggunakan Articulate Storyline 3 dan materi audio-visual Ms. Powerpoint dengan siswa yang hanya menggunakan materi audio-visual Ms. Powerpoint. Temuan mengungkapkan bahwa siswa di kelas eksperimen lebih tertarik untuk belajar daripada di kelas control yang dibuktikan dengan t hitung lebih besar t tabel berikut: 6389 lebih besar 1.699. Selain itu, dibandingkan dengan kelas kontrol, siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih besar, yang memiliki nilai t hitung 1,947 lebih besar t table 1,699, sebagai bukti penelitian.

Keywords


Media Audio Visual, Articulate Storyline 3, Minat Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alam, Y. 2018. Dampak Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK PGRI 1 Palembang. Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 573-591. DOI: https://doi.org/10.32502/mti.v3i2.2078

Alfianti, V.; Rosnita & Kresnadi, H. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(3). DOI: http:// dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14203

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basri, I. Y.; Arsyfadhillah, A.; Irfan, D. & Thamrin, T. 2018. Rancang Bangun Media Pembelajaran Mini Trainer IC 555. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), 65-76. DOI: https:// doi.org/10.24036/invotek.v18i2.332

Douglas, B. H. 2000. Priciples of Language Learning and Teaching. New York: Longnam, Inc.

Fatur Rozi, M.. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Iv Sd Negeri Bengkulu Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: FTT UNIFAS.

Indriani, M. S; Artika, I. W. & Ningtias, D. R. W. 2021. Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi Kelas X Boga di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 25-36. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs. v11i1.29316

Janah, S. N. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Karo-Karo, I. R. & Rohani 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ axiom.v7i1.1778.

Khalistana, T. M.; Halimah, M. & Lidnillah, D. A. M. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 129-140. DOI: https://doi.org/10.17509/ pedadidaktika.v2i1.5796

Kusumadewi, E. S.. 2011. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di SDN Pondio Pinang 012 Pagi Jakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Oktadinata, S. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Standar Kompetensi Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian di Smk Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT-UNY.

Qonita, N. A. 2021. Articulate Storyline: Teknologi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif Mudah dan Menarik-Update 2021. (Online), (https://warstek.com/articulate-storyline/), diakses pada Desember 2021.

Raharjo, Sahid. 2018. Analisa Kelas Eksperimen dan Kontrol. (Online), (https:// www.youtube.com/c/SahidRaharjo/playlists), diakses pada 5 April 2022.

Suwisi & Maksum, M. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Visual Dan Audio Visual Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswi Pada Mata Kuliah Askeb II Di Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara. Biomed Science, 3(1), 1-9. DOI: https://jurnal.unitri .ac.id/index.php/biomed/article/view/855




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p81-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats