PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR DI SMK PU MALANG
Achmadi Rakarendra Putra, Syarif Suhartadi, Andika Bagus Nur Rahma Putra
Abstract
Secara global, usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan masih menjadi fokus utama, pendidikan merupakan suatu proses yang memiliki proses yang tidak instan. Kejadian yang dihadapi dalam pembelajaran saat ini dirasa belum optimal untuk dipersiapkan siswa untuk tantangan abad 21 atau sekarang disebut dengan revolusi industry 4.0. Penelitian ini bertujuan agar mampu meminimalisir rasa bosan dan mempermudah siswa memahami materi Dasar Otomotif dengan penggunaan metode belajar ini, diharapkan untuk menambah nilai dari segi motivasi belajar maupun hasil belajar siswa pada sekolah yang dituju. Metode penelitian menggunakan PTK yang telah dilakukan 2 siklus. Target dari Penelitian Tindakan Kelas suatu upaya untuk dapat meralat pendidikan dari segi pembelajaran dan cara menghadapi suatu permasalahan dalam kelas. Dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas ini juga membantu para pengajar untuk selalu berinovasi pada penerimaan ilmu, agar tidak terlalu monoton pada saat melakukan pembelajaran. Penerapan metode belajar Picture and picture terbukti berhasil dengan adanya perbandingan hasil belajar siswa melalui tes dengan rerata siklus I sebesar 51,25 yang berkategori kurang dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan rerata 80 berkategori sangat tinggi. Peningkatan juga terdapat pada motivasi belajar siswa dengan siklus I rerata sebesar 75,75 lebih besar dan siklus II sebesar 86,5 lebih besar. Siswa cenderung lebih fokus dan tertarik, sehingga pembelajaran berjalan lebih kondusif. Penggunaan media pembelajaran dengan gambar, dianggap menarik oleh siswa. Hal tersebut mampu meningkatkan minat siswa, kemudian siswa akan lebih termotivasi berpartisipasi dalam pembelajaran dan mudah memahami materi.
Keywords
Picture and Picture, Motivasi belajar, Hasil Belajar
References
Fatmawati; Yusrizal & Hasibuan, A. M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. 11(2), 134-143. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862.
Mansur S.; Raida, S. A. & Putra, S. H. J. 2021. Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education, 4(1), 72-79. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796.
Wahyudi, G.; Ramadhan, S. & Arief, D. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 966–973. DOI: https://doi.org/10.31004/ .basicedu.v5i2.814
DOI:
http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p109-114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
![](/public/site/images/pranandaanugrah/88x311.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats