PENGARUH PEMAKAIAN VARIASI PEGAS PULI SEKUNDER PADA TRANSMISI OTOMATIS TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR

Dimas Danang Bagus Sadewa, Eddy Rudiyanto, Eko Edi Poerwanto

Abstract


Performa motor matic turun, bisa saja dipengaruhi oleh pegas puli sekunder pada saat kondisi motor dalam keadaan panas. Dalam keadaan panas pegas menjadi lemah yang menyebabkan akselerasi motor menjadi berkurang serta pemakaian bahan bakar lebih banyak karena membutuhkan putaran mesin yang tinggi untuk memutar roda belakang. Performa motor matik berupa peningkatkan daya dan konsumsi bahan bakar bisa dilakukan dengan memodifikasi komponen pada bagian transmisi otomatis yaitu pegas puli sekunder. Pada penelitian ini melihat pengaruh pemakaian variasi pegas puli sekunder terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperiment Design 2x3. Penelitian ini menggunakan variasi pegas puli TDR hitam dan TDR kuning pada Yamaha Mio J. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian variasi pegas puli TDR berwarna hitam lebih meningkatkan daya mesin (7,741 HP) dibanding dengan pemakaian pegas puli standart. Pemakaian variasi pegas puli TDR berwarna kuning lebih meningkatkan daya mesin (7,975 HP) dibanding dengan pemakaian pegas puli standart. Pemakaian variasi pegas puli TDR berwarna hitam lebih menghemat bahan bakar (0,3482 liter/jam) dibanding dengan pemakaian pegas puli standart. Pemakaian variasi pegas puli TDR berwarna kuning lebih menghemat bahan bakar (0,3722 liter/jam) dibanding dengan pemakaian pegas puli standart.

Keywords


pegas puli sekunder, daya mesin, konsumsi bahan bakar

Full Text:

PDF

References


Anwari. 1981. Bagian-Bagian Mesin. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Arianto, A. 2011. Cara Meningkatkan Akselerasi Skutik. (Online). (https://otomotif. tempo.co/read/news/2011/07/04/171344642/cara-meningkatkan-akselerasi-skuter-matik), diakses 12 Januari 2017

Buku Pedoman Reparasi. 2004. Jakarta: PT. AHM.

CVT Spring Clutch. 2016. (Online). (http://tdr-racing.com/portfolio- item/cvtspring-clutch/#.VxQaWNSLTIX), diakses 10 April 2016

Dharma, G.A., Wulandari, D. 2013. Pengaruh Variasi Pegas Sliding Sheave Terhadap Performance Motor Honda Beat 2011. JTM Jurnal Teknik Mesin Unesa. 2 (1), 126-131. Dari: https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/jtm-unesa/article/view/4069.

Federaloil. 2015. Cara Kerja Pegas CVT Motor Matic. (Online). (http://news.federaloil. co.id/read/309521/20151216/Cara-Kerja-Pegas-CVT-Motor-Matic), diakses 10 April 2016

Harahap, R. 2015. Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic. (Online). (http://www.tipsotomotif.com/knowledge/kelebihan-dan-kekurangan- motor-matic/), diakses 10 April 2016

Komaladewi, S., Atmika, I.K.A. & Haryawan, A. 2010. Tinjauan Kinerja Traksi Sistem Transmisi Otomatik (CVT) pada Sepeda Motor dengan Variasi Konstanta Pegas Sliding Sheave dan Berat Roller Sentrifugal. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) IX UNSRI, Palembang. 13-15 Oktober.

Nugroho, A. 2005. ENSIKLOPEDI OTOMOTIF. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pedoman Penulisan karya Ilmiah. Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian (Edisi kelima). 2010. Malang: UM Press.

Nyoto, A. 1993. Sistem Pemindah Tenaga. Malang: Depatemen Pendidikan & Kebudayaan/ IKIP Malang Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.

Pradopo, D. 2014. Setingan CVT Dibikin Responsif, BBM Skutik Makin Irit. (Online). (http://otomotifnet.com/Motor/Tips/Setingan-Cvt-Dibikin-Responsif-Bbm-Skutik-Makin-Irit). diakses 18 April 2016

Pradopo, D. 2016. Data Lengkap Penjualan Motor Mei 2016. (Online). (http://otomotifnet. com/Motor/Bisnis/Data-Lengkap-Penjualan-Motor-Mei-2016-Honda-Kuasai-Pasar-Suzuki-Naik). Diakses Agustus 2016

Priyatno, D. 2014 . SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. ANDI

Salim. 2014. Tarikan Skutik Tambah Maknyus Hanya Ganti Per CVT, Mau?, (Online), (http://otomotifnet.com/Motor/Umum/Tarikan-Skutik-Tambah-Maknyus-Hanya-Ganti-Per-Cvt-Mau), diakses 10 Maret 2016

Saftari, F. 2009. Utak-Atik Otomotif 2. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Santoso, A.D. 2015. Pengaruh Variasi Berat Roller dan Kekuatan Pegas CVT Terhadap Tingkat Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Pada Sepeda Motor Honda Beat Tahun 2012. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang.

Shodikin, M. 2015. Pengaruh Penggunaan Variasi Roller Weight pada CVT (Continuosly Variable Transmission) dengan Pegas CVT Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Daya Mesin efektif pada Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Service Manual Yamaha. 2012. Yamaha Motor Company, Ltd.

Sulis, A. 2015. Tes Per CVT, Keras Lebih Ngacir, (Online), (http://motor. otomotifnet.com /read/2012/06/25/331996/39/13/Tes-Per CVT-Keras-Lebih-Ngacir), diakses 03 April 2015.

Taufik. 2012. Irit Tetap Kenceng … Nih Dia 4 Resep Yamaha Mio J dan Soul GT, (Online), (https://ninja250r.wordpress.com/2012/05/05/4-resep-dna-performance-masih-nempel-di-yamaha-mio-j-dan-soul-gt/), diakses 16 Maret 2016

Waluyo. 2016. Tabel Bahan Bakar Ideal Motor Honda Sesuai Rasio Kompresi Mesin. (Online). http://www.hondacengkareng.com/faq/tabel-bahan-bakar-ideal-motor-honda-sesuai-rasio-kompresi-mesin/. diakses 10 April 2016

Yamaha Basic Mechanic Academy. 2012 Jakarta: Yamaha Motor CO




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p157-164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats