PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI TIME TOKEN BERBASIS JIGSAW LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) SISWA KELAS XII TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH 7 GONDANGLEGI

Municha Zainul Fadhilah, Imam Muda Nauri, Andika Bagus Nur Rahma Putra

Abstract


Keberhasilan proses pembelajaran bisa dinilai melalui proses pemilihan media pembelajaran, bahan ajar serta metode pembelajaran yang dipakai sesuai dengan kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran berupa e-modul terintegrasi time token berbasis jigsaw learning model dan mengetahui kelayakan serta efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. E-modul ini diperuntukkan bagi siswa TKR kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan materi sistem pendingin mobil. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan model ADDIE sebagai pilihannya, yang meliputi 5 tahapan seperti tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan validasi ahli diperoleh skor sebesar 96,05 persen dari ahli materi guru, 100 persen dari ahli materi dosen, 90,00 persen dari ahli media, yang berarti menunjukkan bahwa termasuk kategori sangat layak. Setelah dilakukan pre-test dan post-test terdapat selisih nilai sebesar 22,91 dan berdasarkan analisis uji-t mendapat nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), maka disimpulkan bahwa e-modul terintegrasi time token berbasis jigsaw learning model terbukti efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords


e-modul, model pembelajaran jigsaw, time token, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Parmin, & Muryanto, S. 2022. Evaluation on the automotive skill competency test through ‘discontinuity’ model and the competency test management of vocational education school in Central Java, Indonesia. Heliyon, 8(2), e08872. https://doi.org/10.1016 /j.heliyon.2022.e08872.

Ariyani, L. F., Widjaja, S. U. M., Wahyono, H., Haryono, A., Rusdi, J. F., & Pratama, C. B. A. 2021. Vocational education phenomena research method. MethodsX, 8(August), DOI: https://doi.org/10. 1016/j.mex.2021.101537.

Elaby, M. F., Rashiedy, A. E., Elwishy, H. M., Moatamed, S. F., & Abdelwahed, M. A. 2022. Machine Translated by Google Jurnal Rekayasa Ain Syams Apakah konsep desain-bangun meningkatkan keterampilan pemecahan masalah ? Analisis mahasiswa teknik tahun pertama Machine Translated by Google. 13.

Mahmudah, S., Kirana, T., & Rahayu, Y. S. 2022. Profile of Students’ Critical Thinking Ability: Implementation of E-Modul Based On Problem-Based Learning. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(4), 478–488. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i4.231

Mega Silvia, E., Ibrohim, I., & Nida, S. 2021. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem pencernaan untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 1(3). DOI: https://doi.org/10.17977/ um067v1i3p216-225.

Nelawati, 2018. Pengembangan modul pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas V untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD. (online), (http:// repository.ummat.ac.id/id/eprint/2341). diakses 10 April 2021.

Perwita, D.P., Kandika, P.S., & Oktarisma, Y. 2019. Analisis model pengembangan bahan ajar (4D, ADDIE, ASSURE, HANNAFIN dan PECK). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–38. DOI: https://doi.org/10.31227 /osf.io/7bydx.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. 2022. Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. DOI: https://doi.org/ 10.31004/cendekia.v6i1.1286

Widhianto, A. 2021. Media Pembelajaran. (online), (https://repository.stkippacitan. ac.id/id/eprint/424/8/ANDRIAN WIDHIANTO_BAB 2_PGSD2021.pdf). diakses 11 April 2021.

Widiastuti, N. L. G. K. 2021. E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Wulandari, A. S. 2022. Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p165-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats