TINGKAT MINAT DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN OTOMOTIF

Rico Andhika Putra, Yelma Dianastiti

Abstract


Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan memegang peran penting dalam mempersiapkan siswa dengan keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri, terutama dalam bidang otomotif. Mata pelajaran otomotif menjadi fokus utama dalam kurikulum untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang siap terjun ke dunia kerja. Penelitian ini mengevaluasi minat siswa terhadap pembelajaran otomotif dan tingkat kepuasan mereka terhadap materi yang diajarkan di SMK. Memahami kedua aspek ini memungkinkan perancangan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Minat tinggi siswa terhadap mata pelajaran otomotif meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif, dan keterampilan yang diperoleh. Evaluasi kepuasan siswa mencerminkan relevansi materi dengan teknologi dan tuntutan industri. Metode kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi minat dan kepuasan siswa terhadap mata pelajaran otomotif. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dan observasi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat minat dan kepuasan siswa dalam proses pembelajaran otomotif. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan keterlibatan siswa yang tinggi dan antusiasme dalam pembelajaran otomotif. Kerja sama antar siswa menjadi dasar penting dalam pembelajaran, sementara perbedaan tingkat pemahaman siswa menekankan perlunya pendekatan individual dalam bimbingan tambahan. Meskipun berhasil menarik minat siswa, perbaikan pendekatan pembelajaran perlu dilakukan untuk memastikan setiap siswa dapat meraih kesuksesan dalam memahami dan mengaplikasikan materi otomotif sesuai dengan kebutuhan individual mereka.

Keywords


Minat siswa, Kepuasan siswa, Pendidikan kejuruan, Partisipasi siswa, Kualitas pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alimudin, I. A., Permana, T., & Sriyono, S. 2018. Studi Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Untuk Bekerja Di Industri Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 191-197. DOI: https://doi.org/10. 17509/jmee.v5i2.15187

Damanik, H. R. 2019. Pengembangan Potensi Siswa Melalui Bimbingan dan Konseling. Warta Dharmawangsa, 13(4), 34-45. DOI: https://doi.org/10.46576 /wdw.v0i62.505

Feristiawan, A. 2021. Relevansi Kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(1), 21-32. DOI: https:// doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.34951

Filindity, Y., & Kayadoe, V. 2020. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kreativitas Siswa. Science Map Journal, 2(1). DOI: https://doi.org/10.30598 /jmsvol2issue1pp20-23

Gao, S., Zhuang, J., & Chang, Y. 2021. Influencing Factors of Student Satisfaction With the Teaching Quality of Fundamentals of Entrepreneurship Course Under the Background of Innovation and Entrepreneurship. Frontiers in Education, 6. Dari: https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2021.730616

Huljannah, M. 2021. Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EDUCATOR (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164-180. DOI: https://doi.org/10.58176/ edu.v2i2.157

Humairoh, F. 2023. Mengoptimalkan Pembelajaran Melalui Diskusi Kelompok: Strategi dan Manfaatnya. DOI: https://doi.org/ 10.31219/osf.io/gax5n

Ismail, I., Maksum, H., Nasir, M., & Wagino, W. 2023. Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 119-124. DOI: https: //doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.20

Putra, R. A., Widiyanti, Sutadji, E., & Nurhadi, D. 2021. Work and Entrepreneurship Readiness through 21st Century Skills in Vocational School Students. Universal Journal of Educational Research, 9(3), 497–503. DOI: https://doi.org/10.13189 /ujer.2021.090309

Safak, M. 2021. Tingkat Kepuasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 73-80. DOI: https://doi.org/10.54124/jlmp. v18i1.8

Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. 2023. Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84–94. DOI: https://doi.org/10.31764/ paedagoria.v14i1.12626

Tentama, F., Sudarsono, B., & Ghozali, F. A. 2022. Pelatihan dan Penerapan Alat Bantu Penilaian Kinerja Untuk Akselerasi Kesiapan Kerja Siswa Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Otomotif. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 143-151. DOI: https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1884

Wati, E. K., Maruti, E. S., & Budiarti, M. 2020. Aspek Kerjasama Dalam Keterampilan Sosial Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 97-144. DOI: https:// doi.org/10.31326/jipgsd.v4i2.680

Widayanti, F. D. 2013. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). Dari: https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/228




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p185-192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats