PENGARUH DIKLAT DAN PENGALAMAN GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU TEKNIK KENDARAAN RINGAN DALAM MENGELOLA BENGKEL PADA SMK DI KOTA MALANG

Supriyanto Supriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Tingkat kompetensi guru Teknik Kendaraan Ringan dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (2) Kualitas diklat guru Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Di Kota Malang. (3) Kualifikasi pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Di Kota Malang. (4) Pengaruh antara kualitas diklat guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (5) Pengaruh antara pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (6) Pengaruh antara kualitas diklat dan pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. Perancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pengalaman guru teknik kendaraan ringan secara keseluruhan dapat dikategorikan memiliki kualifilkasi pengalaman “baik”. Tingkat kompetensi guru teknik kendaraan ringan dalam penelitia ini diukur dari 4 hal, yaitu: (1) kompetensi dalam perencanaan bengkel, (2) kompetensi dalam pengorganisasian bengkel, (3) pelaksanaan dan (4) kompetensi dalam pengawasan bengkel. Dalam penelitian ini ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pendidikan dan pelatihan (diklat) yang pernah diikuti oleh guru teknik kendaraan ringan dengan kompetensi guru teknik dalam mengelola bengkel. Pendidikan dan pelatihan (diklat) dan/atau latihan bagi pemimpin dapat menghasilkan perubahan perilaku dalam pekerjaan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Organisasi Dan Administrasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi P2LPTK

Arikunto Suharsimi. 2002. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta

Depdikbud. 1989. Kamus besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Joni, R. T. 1980. Pengembangan Kurikulum IKIP/ FIP/Fkg Suatu Kasus pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Depdikbud P3G.

Sukamto. 1984. Kompetensi Sarjana Kependidikan Lulusan FPTK. Makalah Seminar dan Lokakarya tentang: kependidikan FPTK. FPTK IKIP Jogyakarta, Jogyakarta, 30 April 1984.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

VEDC/PPPGT. 1993. pembenahan Bengkel. Malang: Vocational Educational Development Center/ Pusat pengembangan pendidikan Guru teknologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p16-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats