PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA MATERI SISTEM TRANSMISI BAGI SISWA SMK KELAS XI TKR SMK NASIONAL MALANG

Yani Atmaja Dwiprani, Syarif Suhartadi, Eko Edi Poerwanto

Abstract


Model pembelajaran group investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan teori belajar kontruktivisme yang memberikan penekanan kepada kemampuan siswa untuk saling bekerja sama serta saling membantu dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan atau menyelesaikan tugas yang diberikan. Model pembelajaran tersebut dikolaborasikan dengan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga materi sistem transmisi. Penggunaan metode mind mapping bertujuan agar siswa lebih mudah menempatkan informasi kedalam otak dan mengambil informasi dari luar otak karena metode tersebut merupakan cara mencatan efektif, kreatif, dan secara harfiah dapat memetakan pikiran-pikiran berdasarkan pemahaman setiap individu.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, R.P., Retno, S.I., & Susanti. 2012. Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Unnes Science Education Journal. 1(2): 70-76.

Hassard, Jack & Dias, Michael. 2009. The Art Teaching Science Inquiry and Inovation in Middle School and High School. New York: Routledge.

Imaduddin, M. C. & Utomo, U. H. N. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, (Online). Vol. 1, No. 9 (http://journal.uad.ac.id, diakses 4 Desember 2017)

Isjoni. 2011. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

PT. Rosdakarya Remaja.

Wulandari, dkk. 2016. Penerapan Model GI Dipadu Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Artikel Universitas Muhammadiyah Jember.

_________, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 22 tahun 2016 Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p30-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats