PENGARUH PERUBAHAN VOLUME RUANG BAKAR TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan daya antara sepeda motor Honda Astrea Grand C100 yang menggunakan volume ruang bakar standar dengan volume ruang bakar modifikasi (2) Untuk mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar antara sepeda motor Honda Astrea Grand C100 yang menggunakan volume ruang bakar standar dengan volume ruang bakar modifikasi. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian “true experiment posttest control group design”. Analisis data yang digunakan adalah metode uji beda dua sampel berpasangan (uji-T) dengan menggunakan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya mesin yang signifikan. Namun daya yang dihasilkan dengan menggunakan volume ruang bakar standar tetap lebih baik dari pada menggunakan volume ruang bakar modifikasi. Sesuai penelitian yang telah dilakukan daya yang dihasilkan mesin menggunakan volume ruang bakar standar sebesar 2,968 HP dan menggunakan volume ruang bakar modifikasi 2,829 HP, kemudian hasil penelitian mesin yang menggunakan volume ruang bakar modifikasi memerlukan waktu yang lebih lama dalam mengkonsumsi bahan bakar dari pada mesin dengan menggunakan volume ruang bakar standar. Modifikasi paking dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mesin Honda Astrea Grand C 100. Sesuai penelitian waktu konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mesin Honda Astrea Grand C100 dengan menggunakan volume ruang bakar modifikasi selama 3,143 s/5ml dan mesin dengan volume ruang bakar standar yang memerlukan waktu 2,545.
Full Text:
PDFReferences
Arismunandar, Wiranto. 1983. Penggerak Mula Motor Bakar. Bandung: ITB
Boentarto. 2001. Teknik Sepeda Motor. Solo: C.V. Aneka
Culp. 1989. Motor Bensin. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Daryanto.2001. Pengetahuan Teknik Sepeda Motor. Bandung: Gramedia
Daryanto. 2002. Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor. Jakarta: Bumi Aksara
Hutahahean, Y. Ramses. 2010. Mekanisme dan Dinamika Mesin. Jakarta: Erlangga.
Khisty & Lill. 2010. Konsumsi Bahan Bakar. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 1997. Bahan Bakar Minyak. Jakarta: Pradya Pramita.
Nortop. R. s. 1997. Service Auto Mobil. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Obert. 1973. Motor Bakar. Jakarta: Gramedia.
Online. http://ajissuleotomotif.blogspot.com/2013/03/pengertian-kepala-dan-bloksilinder.html
Online. http://maniakmotor.com/index.php/compo-nent/content/article/10-tips/354-tips-motor-mainkan-paking-atur-kompresi-harian)
Online. http://i2.wp.com/satria155.com/wp-content/ uploads/2013/06/Rasio-Kompresi-dan-Oktan-BBM.jpg
Pertamina, 2006. (http//www.pertamina-upms5.com, diakses 4 agustus 2006). Petrovsky, N. Tanpa Tahun. Marine Internal Combustion Engine. Moscow: Mir Pubishers.
Soenarta, Nakula. 1995. Motor Serba Guna. Jakarta: Paradnya Paramita
Sudirman, Urip. 2006. Metode Tepat Menghemat Bahan Bakar (Bensin) Mobil. Jakarta: Kawan pustaka
Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: DEPDIKBUD.
Toyota Astra Motor.Tanpa tahun. New Step 1. Jakarta. PT. Toyota Astra Motor.
Universitas Negeri Malang.2010. Pedoman Penulisan Karyal lmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
VEDC Malang.1988. Sistem Bahan Bakar Bensin. Malang: PPPGT/VEDC Malang
Wiratmaja. 2010. Momen dan Daya Motor. Jakarta: Pradya Pramita.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p36-41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.