HUBUNGAN HASIL BELAJAR PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 6 MALANG

Mohammad Ulin Nuha, Syarif Suhartadi, Sumarli Sumarli

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Apakah ada Hubungan antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. (2) Apakah ada Hubungan antara Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. (3) Apakah ada hubungan antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif korelasional. Dengan mengambil subyek penelitian 114 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,596 (2) Ada hubungan yang positif antara Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,474. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang dengan nilai R sebesar 0, 644.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rohani. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arfandi, Anas. 2009. Cakrawala Pendidikan: Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Di Kota Makassar, Vol (28:120-122), (Online) (http://eprints.uny.ac.id/1522/1/3Anas-EDIT.pdf) , diakses pada tanggal 30 September 2016

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Clark, Hope. 2013. Work Readiness Standards and Benchmarks: The Key to Differentiating America’s Workforce and Regaining Global Competitiveness (Online), (http://www.act.org/content/dam/act/ unsecured/documents/Work-Readiness-Standards-and-Benchmarks.pdf) diakses 14 April 2017.

Crowl, Thomas K, Podell, David M, & Sally. 1997. Educational Psychology Window on Teaching. Los Angeles: Brown ande Benchmark Publisher

Dirwanto. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada siswa SMK Ma’arif NU Kesisi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis: Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Ervandi, Danu. 2014. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kemampuan Akademis Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMKN 2 Bawang. (Online) (http://eprints.uny.ac.id/25106/1/Danu%20Ervandi%2010502241013.pdf), diakses 14 April 2017

Hariyanto. 2015. Hubungan pelaksanaan kegiatan unit produksi dan Motivasi Berwirausaha dengan Kesiapan Kerja siswa di SMK Negeri 2 Sragen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Hall, Valery L. 2010. Work Readiness of Career and Technical Education High School Students. Maureen Grasso The University of Georgia. (Online), (https://getd.libs.uga.edu/pdfs/hall_ valery_l_201012_edd.pdf), diakses 14 April 2017

Human Development Department East Asia and Pasific Region. 2010. Education, Training and Labor Market Outcomes for Youth in Indonesia. Jakarta: The World Bank Office

Irwan, Dwis Hasta. 2013. Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10337/1/Artikel%20Ilmiah%20IRWAN%2009503241033.pdf), diakses 14 April 2017

Lestari, I, Siswanto, Budi T. 2015. Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Produktif, dan Dukungan Ssoial terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, (Online), 5 (2): 183-194, (http://journal.uny.ac.id/index.php/ jpv/article/download/6384/5517), diakses 14 April 2017

Mahfud, T., dan Pardjono dalam jurnal pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1, Februari 2012. Pustaka Jaya.

Malayu, Hasibuan SP. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Maltby, K. 2001. Cognitive, Strategies and Educational Perfromance. London: Academic Press Inc

Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhyadi, Rosidah, Siti Umi Khayatun M. (2010). Tanggapan Dunia Usaha/ Dunia Industri terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Depok. Abstrak Hasil Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.

Munandir. 2009. Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Departemen pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan tinggi-Proyek Pendidikan Tenaga Akademik

Nisa’, S. W. 2012. Hubungan Prestasi Belajar Praktik Kerja Industri (Prakerin) dengan kesiapan kerja siswa (Kopetensi KeahlianJasa Boga Kelas XII SMK Negeri 3 Probolinggo melalui analisis presentasi menunjukkan bahwa tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII Jasa Boga SMK Negeri 3 Probolinggo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Pandji, A, & Suyati, S. (1995). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta

Payaman, J.S. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI

Peraturan pemerintah Nomer 29 tahun 1990, Pasal 3 Ayat 2, Tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

S. Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Satriyatma, A. 2012. Hubungan Antara Pengalaman Praktek Kerja Industri, Sikap mandiri, dan Prestasi Belajar Bidang Produktif dengan Kesiapan Kerja pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryani, D. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja, Prestasi Belajar, dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akutansi di SMKN 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. (Online), (http://ep-rints.uny.ac.id/17519/1/JurnalMahasiswa.pdf) diakses pada 14 April 2017.

Undang – undang pendidikan nomor 20 tahun 2003 pasal 15 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p49-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats