DESKRIPSI SOCIOECONOMIC of TRAINING PARTICIPANTS PADA PELATIHAN KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF DI UPT PELATIHAN KERJA SINGOSARI MALANG

Windra Irdianto, Eddy Rudiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang training participants khususnya dari segi socioeconomic pada mata latih keterampilan kejuruan otomotif yang diselenggarakan oleh UPT Pelatihan Kerja Singosari Malang. UPT Pelatihan Kerja Singosari merupakan suatu unit di bawah pemerintah provinsi yang bertugas untuk melaksanakan sebagian tugas dinas dalam pelatihan keterampilan kejuruan, dan pengetahuan kejuruan serta pelayanan bagi seluruh elemen masyarakat. UPT Pelatihan Kerja (PK) Singosari memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat terutama da­lam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mayoritas tingkat pendidikan training participants adalah dari lulusan SMK. Hasil penelitian mengenai tingkat ekonomi training participants rata-rata menengah. Sedangkan untuk daerah asal training participants tersebar dari tujuh provinsi di Indonesia, walupun training participants masih didominasi oleh peserta dari kabupaten Malang, akan tetapi keberagaman daerah asal training participants menunjukkan bahwa UPT PK Singosari memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional.

Full Text:

PDF

References


Direktori Bisnis Indonesia. 2015. 10 Negara Anggota MEA, (Online), (https://direktori-bisnis.com/10-negara-anggota-mea.html), diakses 28 Januari 2018.

Hiniker, L.A. and Putnam, R.A. 2009. Partnering to Meet the Needs of a Changing Workplace (203-208). In R. Maclean, D. Wilson, & C. Chinien (Eds.), International Handbook of Education for the Changing World of Work, Bridging Academic and Vocational Learning (203-208). Germany: Springer.

Ifa Ikah. 2016. 6 Hal Yang Harus Dibenahi SDM Indonesia Untuk Menghadapi MEA - Inspirator Freak. (Online), (https://inspiratorfreak.com/6-hal-yang-harus-dibenahi-sdm-indonesia-untuk-menghadapi-mea), diakses 3 Februari 2018.

Kementerian Luar Negeri RI. 2015. Bukan Afta 2015. Masyarakat ASEAN (7), hlm. 11.

Kementerian Luar Negeri RI. 2015. Meningkatkan Daya Saing Melalui Pendidikan Kejuruan. Masyarakat ASEAN (7), hlm. 20.

Mapparenta. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Jurnal Economic Resources, 11 (30): 15-24.

Pavlova M. 2009. The Vocationalization of Secondary Education: The Relationships between Vocational and Technology Education. In R. Maclean, D. Wilson, & C. Chinien (Eds.), International Handbook of Education for the Changing World of Work, Bridging Academic and Vocational Learning (pp. 1805-1822). Germany: Springer.

Salim, Emil, Sri Moertiningsih Adioetomo, Evi Nurvidya Arifin, Nizam, and Alvin Pratama. 2015. Population Dynamics and Sustainable Development. Jakarta: UNFPA Indonesia.

Singh M. 2009. Overview: Education and Training in the Informal Sector. In R. Maclean, D. Wilson, & C. Chinien (Eds.), International Handbook of Education for the Changing World of Work, Bridging Academic and Vocational Learning (235-244). Germany: Springer.

UPT PK Singosari. 2018. Data Jumlah Peserta Program Pelatihan UPT PK Singosari.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v2i12018p61-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats