ANALISIS CONTROLLER AREA NETWORK (CAN) SYSTEM PADA MESIN GRAND LIVINA 2015
Abstract
Perkembangan teknologi pada CAN (controller area network) bus berorientasikan pada rangkaian sistem kendali yang lebih sederhana dan efisien agar dapat memberikan bobot pada kendaraan yang lebih ringan dan penggunaan kabel yang lebih sedikit sehingga dapat menggunakan sensor yang lebih sedikit. Yang paling penting dari perkembangan teknologi ini adalah pertukaran data dapat terhubung dalam satu protocol. Pada perkembangan teknologi ini juga bertujuan untuk menghemat cost produksi pada industri otomotif. CAN (controller area network) bus dikelompokan berdasarkan kecepatan pertukaran data, biasanya untuk pengelompokan CAN bus pada mobil diberi notasi huruf abjad. Untuk setiap grup biasanya terdapat beberapa sistem didalamnya. Dari perkembangan teknologi pada system CAN (control area network) bus dilakukan analisis untuk mengetahui lebih dalam bagaimana sistem CAN (control area network) Bus bekerja. Dapat dijadikan pembelajaran selanjutnya untuk meningkatkan pengetahuan dibidang otomotif. Untuk melakukan analisis sistem CAN bus pada Nissan Grand Livina dapat dilakukan dengan menggunakan AVO meter kemudian ukur tegangan pada pin nomor 14 dan pin nomor 16. Dapat melakukan live data stream untuk mengetahui kerusakan pada system CAN Nissan Grand Livina. Dengan ohm meter, periksa dulu pin No. 6 dan 14 DLC. Ohm meter akan membaca 60 ohm jika hubungan antara kedua pin tersebut baik. CAN (Controller Area Network) adalah serial communication line untuk real time application. Analisis live data stream pada sistem CAN/LAN, pendeteksian DTC Ketika terdeteksi error selama initial diagnosis CAN controller ECM. Diagnosis sistem CAN/LAN dapat dilakukan dengan mempersiapkan diagram kelistrikan sistem CAN untuk mempermudah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bohn, 2003. Principles of Heat Transfer, Seventh Edition, Stamford: Cengage Learning.
Darmadi, H. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. 1999. Pengetahuan Komponen Mobil. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayat, N.; Arif, A. & Martias. 2019. Perbandingan Kemampuan Pelepasan Panas Pada Alat Penukar Panas Radiator Straight Fin Jenis Circular Cylinder Tube Dengan Flat Tube. INVOTEK: Jurnal Inovasi dan Teknologi, 19(1), 17-24. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.437
Lestari, W. 2017. Analisa Pengaruh Sistem Pendingin Terhadap Mesin Bensin Xenia Type XI 1300 cc 4 Cylinder 16 Valve ( K3 – DE DOHC ). Journal Kajian Teknik Mesin (JKTM), 2(1), 52-60. DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v2i1.575
Musa, dkk. 2019. Analisa Gangguan Sistem Pendingin Pada Mesin Avanza 1300 cc. Jurnal Surya Teknika, 3(1), 39-46. DOI: https://doi.org/10.48144/suryateknika.v3i1.1289
Muttaqin, F. 2011. Pengaruh Putaran Mesin Terhadap Perpindahan Kalor Pada Sistem Pendingin Kijang 4K. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Nazir. M. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Priyojatmiko, P. & Musafa, A. 2016. Rancang Bangun Sistem Pendingin Mesin Mobil Menggunakan Pengendali Logika Fuzzy. Jurnal Seri Seminar Nasional TEKNOKA. 1. 121-131. Dari: https://journal.uhamka. ac.id/index.php/teknoka/article/view/612
Rahman, M., Y., 2011. Sistem Pendingin pada Kendaraan Ringan. Sleman: PT. Skipta Media Creative.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toyota. 1994. New Step 1 Training Manual. Jakarta: PT Toyota Astra Motor.
Wiharna, O. 2016. Analisis Sistem Pendingin Engine Pada Pembuatan Life Engine Stand Nissan Sunny GA15. TORSI, 1(1). Dari: https://ejournal.upi.edu/index. php/torsi/article/view/4454
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i12024p1-11
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.