IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARN DISCOVERY LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 3 SINGOSARI

Syahwan Dani, Syarif Suhartadi, M. Ihwanudin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan keaktifan belajar dan minat baca. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TO SMK Muhammadiyah 3 Singosari berjumlah 22 siswa. Data penelitian berdasarkan lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dan keaktifan belajar peserta didik, serta lembar angket minat baca. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif keaktifan belajar dan minat baca peserta didik. Kriteria keberhasilan keaktifan belajar, aktivitas positif minimal 75% dan aktivitas negatif maksimal 15% serta minat baca minimal 75%.


Keywords


Discovery Learning; model pembelajaran; keaktifan belajar; minat baca

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Badan Pusat Statistik. 2023. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022 (online). (https:// www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-3terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html), diakses pada 30 Desember 2023.

Erniwati. 2015. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 1-12. DOI: http://dx.doi.org/ 10.29210/1201523

Irawan, R. C.. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Minat Baca Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. 2013. Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Muliawan, J.U. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, M. N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi A.; Suhardjono & Supardi 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (online). (https://kelembagaan.ristekdikti .go.id/wp-content/uploads/2016/08/ UU_no_20_th_2003.pdf), diakses pada 31 Januari 2023.

Widiasworo, E. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i12024p12-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats