PENGARUH PENAMBAHAN BOLA PEJAL PADA PEGAS CVT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR MATIC 110 CC

Sukardi Sukardi, Muslikh Ridho Wiyan Rahmat Gumelar, Imam Muda Nauri, Erwin Komara Mindarta, Hasan Ismail

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penambahan bola padat pada pegas CVT berpengaruh terhadap tenaga dan torsi sepeda motor matic 110 cc. Dalam penelitian ini variabel independen dan dependen dimasukkan dalam desain eksperimen semu dengan menggunakan strategi penelitian kuantitatif. Temuan investigasi menunjukkan bahwa terdapat sedikit variasi dalam tenaga dan torsi saat menggunakan pegas CVT konvensional dibandingkan dengan pegas CVT yang dipesan lebih dahulu. Pegas CVT yang dipesan lebih dahulu menghasilkan 7,24 HP pada 8000 rpm, dibandingkan dengan 7,07 HP dari pegas CVT normal pada putaran yang sama. Sedangkan untuk torsi tertinggi yang dihasilkan pada roda kendaraan berada pada rpm 7000 ketika menggunakan pegas cvt standard menghasilkan torsi sebesar 7.74 N.m sedangkan untuk pegas cvt custom dengan rpm yang sama menghasilkan torsi sebesar 7.78 N.m. Dengan demikian penambahan bola pejal pada pegas cvt ini tidak menghasilkan perbedaan daya dan torsi secara signifikan.


Keywords


Daya Sepeda Motor; Torsi Sepeda Motor; penambahan bola pejal pegas cvt

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aditya, T. W. 2018. Pengaruh Tegangan Pegas Kopling Sentrifugal Terhadap Tenaga Mesin Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Beat PGM-FI. Tesis tidak diterbitkan. Malang: FT-UM.

Arends, BPM.; Berenschot, H. 1994. Motor Bensin. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. 2006. Pendekatan Praktis untuk Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta.

Hidayat, W. 2012. Mesin Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta.

Martin, G. H. 1985. Kinematika dan Dinamika Teknik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Honda Motors. 2013. Diklat Teknis Level-2, Jakarta: PT. Astra.

Maksum, H.; Purwanto, W. & Reffles. 2012. Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press,

Saputra, B. A. 2018. Pengaruh Variasi Sudut Panjat Roller Terhadap Tenaga Dan Torsi Pada Sepeda Motor FT Automotive Vario 125 PGM-FI. Tesis tidak diterbitkan. Malang: FT-UM




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i12024p26-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats