PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QR CODE BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN COGNITIVE SKILL ALAT UKUR SISWA TKR DI SMKN 11 MALANG

Sigit Purnomo, Syadad Algany Faras Arkhan, Agus Sholah, Andika Bagus Nur Rahma Putra

Abstract


Penelitian ini memiliki beberapa tujuan antara lain: mengetahui tahapan dari pengembangan sebuah media pembelajaran QR code berbasis website dalam meningkatkan cognitive skill alat ukur di SMKN 11 Malang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Research and Development (R&D). Kelas X TKR 1 sebagai kelas uji coba pengunaan media QR code berbasis website. Penelitian menggunakan tes dan angket sebagai alat bantu dalam pengumpulan data. Analisis teknik kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan cognitive skill siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah pengunaan media pebelajaran QR code berbasis website pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif kelas X TKR 1 SMKN 11 Malang terdapat peningkatan yang signifikan.


Keywords


Pengambangan Media Pembelajaran; QR Code Berbasis Website; Cognitive Skill

Full Text:

PDF

References


Affiati; Haifaturrahmah; Mariyati, Y.; & Saddam. 2021. Tingkat Keaktifan dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31. DOI: https://doi.org/10. 31764/pendekar.v4i1.4423.

Aminu, N. 2022. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pasca Pandemi covid-19 di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 6(5), 9127–9134. DOI: https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3436.

Firda N. & Zulyusri. 2022. Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101-106. DOI: https://doi.org/10.33369 /diklabio.6.1.101-106.

Gularso, D.; Suryantari, H.; Rigianti, H. A. & Martono. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 100-118. DOI: https:// doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890.

Mahesti, G. & Koeswanti, H. D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39. DOI: https:// doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Saputra, M. E. Y. & Effendi, H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(4), 252-257. DOI: https://doi.org/10.38035/rrj.v3i4. 410.

Salsabila, F. & Aslam. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. DOI: https://doi.org/10.31004 /BASICEDU.V6I4.3155.

Sulistyawat, E.; Faizah, L.; Nisa, I., & Putra, I. G. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Rumah Hidrolik Ditinjau dari Hasil Belajar dan Respon Siswa terhadap Matematika, Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 125-138. DOI: https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.2611.

Suryandaru, N. A. & Setyaningtyas, E. W. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV, Jurnal Basicedu, 5(6), 6040–6048. DOI: https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1803.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i12024p47-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats