PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF (TKRO) SMKN SUMBERREJO

Sulthan Ezzra Salwa Shada Hanura, Syarif Suhartadi, Erwin Komara Mindarta, Komarudin Komarudin

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pembelajaran berbasis ICT, yang dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknologi. Implementasi tersebut memerlukan kompetensi dari guru, termasuk kemampuan memanfaatkan TIK untuk mendukung pembelajaran. Studi ini berfokus pada portal pembelajaran di rumah dan potensinya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengeksplorasi pemanfaatan portal pembelajaran di rumah dalam memfasilitasi pembelajaran, dan (2) untuk memberikan penilaian terhadap prestasi akademik siswa Kelas 11 SMK Negeri Sumberrejo pada tahap awal penelitian. Untuk mencapai tujuan ini, penyelidikan rinci akan dilakukan dengan kepatuhan ketat terhadap prinsip-prinsip akademik yang disebutkan di atas, termasuk objektivitas, pemahaman, alur logis, struktur konvensional, bahasa yang jelas dan obyektif, penggunaan tata bahasa yang tepat, ketepatan dalam pilihan kosakata, dan format yang tepat. (4) Secara khusus berupaya memperoleh gambaran mengenai hasil belajar siswa Kelas XI SMK Negeri Sumberrejo selama siklus II. (5) Selain itu bertujuan untuk mengevaluasi dampak tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran di kelas. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sejak pra siklus yang tercatat rata-rata sebesar 57,21. Pada siklus 1 dan siklus 2 rata-rata masing-masing sebesar 69,12 dan 90,15 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang nyata. Peningkatan hasil pembelajaran tersebut terlihat pada data prasiklus, siklus 1, dan siklus 2.


Keywords


Portal Rumah Belajar; Peningkatan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. 2021. Pemanfaatan Rumah Belajar Untuk Pembelajaran di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, TEKNODIK Journal (Educational Technology), 25(1), 81-93. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785.

Damayanti, N. A.; Pusparini, M. Djannatun, T. & Ferlianti, R. 2017. Metode Pre-Test dan Post-Test Sebagai Salah Satu Alat Ukur Keberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Tuberkulosis di Kelurahan Utan Panjang, Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Psikologi), 3(1), 144-150. Dari: https://proceeding.unisba.ac.id /index.php/kesehatan/article/view/1131.

Harahap, K. 2022. Penggunaan Rumah Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 3 Pantai Labu, Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 1-5. DOI: https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.279

Kolipah, S. 2022. Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(1), 44-53. DOI: https://doi.org /10.28926/jprp.v2i1.260.

Magdalena, I.; Annisa, M. N.; Ragin, G. & Ishaq, A. R. 2021. Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04, Nusantara Journal, 3(2), 150-165. Dari: https://ejournal.stitpn .ac.id/index.php/nusantara/article/view/1250.

Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marlina, B. 2019. Fitur Sumber Belajar Pada Portal Rumah Belajar Kemdikbud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 12 Tanah Abang, Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 6(2), 79-87. DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v6i2.10333.

Mulyasa, E. 2006. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sihotang, C. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Fabel Menggunakan Portal Rumah Belajar Siswa Kelas VII MTsN 1 Kota Subulussalam. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. Pascasarjana UNIMED, Medan, 30 November 2019.

Siregar, T. 2022. Implementasi Penggunaan Metode Drill and Practice Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susilawati, E. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Yang Memanfaatkan Portal Rumah Belajar di SMP Pesat Bogor, TEKNODIK Journal (Educational Technology), 23(1), 41-54. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.367




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i12024p55-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats