PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP LAJU KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TOYOTA KIJANG KF20

Rokhy Markhiyano, Ropi Apriadi

Abstract


Salah satu istilah penting dalam keilmuan motor bakar yaitu putaran mesin (Revolution per Minute/RPM). Pentingnya ilmu pengetahuan tentang putaran mesin sejajar dengan faktor penting dalam pengoperasian mesin, karena berpengaruh langsung pada laju konsumsi bahan bakar dan efisiensi penggunaan energi. Pada penelitian ini memiliki relevansi yang signifikan dalam mengoptimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada mesin kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dengan variasi putaran yang berbeda-beda. Pengujian dilakukan pada mesin Toyoya Kijang KF20. Dengan memvariasikan putaran mesin pada 1000 RPM, 2000 Rpm, 3000 Rpm. Peneliti melakukan pengambilan data pengaruh putaran mesin terhadap laju konsumsi bahan bakar pada menit ke 15, 20, 25, 30 dan 35 dalam 1000 ml pertalite pada gelas ukur. Dari hasil analisa dan perhitungan didapatkan untuk torsi mesin pada masing-masing 1000,2000 dan 3000 Rpm sebesar : 26,9 N.m, 53,9 N.m dan 80,8 N.m dan untuk daya yang dihasilkan pada masing – masing RPM sebesar : 2,82 kW, 11,3 kW dan 25,4 kW, Untuk laju konsumsi bahan bakar rata rata setiap 1000, 2000 dan 3000 RPM sebesar : 0,84 Kg/h, 1,23 Kg/h dan 1,66 Kg/h. Untuk nilai SFC rata – rata pada setiap 1000, 2000 dan 3000 RPM yaitu sebesar : 0,30 Kg/kWh, 0,11 Kg/kWh dan 0,07 Kg/kWh dan untuk persentase efektifitas rata-rata setiap RPM yang paling efektif yaitu pada menit 30-35. Dan untuk peningkatan pesentase efektifitas bahan bakar pada RPM yaitu : diputaran 1000 Rpm persentase peningkatan rata-ratanya sebesar 21,9 %, diputaran mesin 2000 sebesar 23,5 % dan diputaran 3000 sebesar 23,9 %. Hasil pengujian ini didapatkan bahwa semakin besar putaran mesin (RPM) maka semakin besar juga daya dan torsi yang dihasilkan dan semakin besar juga laju konsumsi bahan bakar (FC) yang dibutuhka. Semakin besar Torsi dan daya semakin kecil juga kebutuhan bahan bakar spesifik mesin untuk persentase efektifitas yang terbaik yaitu dimenit 30- 35 pada setiap RPM. Hal ini menunjukan semakin lama kerja mesin semakin bagus panas pembakaran yang dihasilkan dan akan semakin baik konsumsi bahan bakarnya.

Keywords


Putaran mesin; laju konsumsi bahan bakar (fc); kebutuhan bahan bakar spesifik (sfc) dan daya efektif (Ne); persentase efektifitas

Full Text:

PDF

References


Arismunandar. 2002. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung, Institut Teknologi Bandung

Eko Julianto & Sunaryo 2020, ANALISIS PENGARUH PUTARAN MESIN PADA EFISIENSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL 2DG-FTV, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 225 - 231. DOI: https:// doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.1282

Fitria, D., & Rudianto, R. 2021. Manajemen Energi dan Efisiensi Bahan Bakar Otomotif. Bandung: Alfabeta.

Mulyana, A. 2016. Dasar-Dasar Mesin Bensin dan Sistem Pembakarannya. Jakarta: Erlangga.

Mulyono, S.; Gunawan & Maryanti, B. 2020. Pengaruh Penggunaan dan Perhitungan Efisiensi Bahan Bakar Premium dan Pertamax Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Bensin: Jurnal Teknologi Terpadu, 2 (1)

Nugroho, A. 2018. Kendaraan Hemat Energi: Konsep dan Implementasi. Semarang: UNNES Press.

Pristian, E. P. 2017. Perbandingan Sistem Pengapian Platina dengan Sistem Pengapian Tci (Transistor Controlled Ignition) terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Mesin Empat Langkah. Jurnal UNP, Vol 11- No 40.

Purwanto. 2010. Laporan Proyek Akhir Rekondisi dan Pembuatan Engine Stand Menggunakan Motor Bensin Honda Accord. Surakarta: Jurusan Teknik Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Setiawan, F & Erman. 2023. Pengaruh Konsumsi Bahan Bakar Premium dengan Metode Variasi Sudut Pengapian pada Motor Toyota Seri 4K untuk Praktikum Mahasiswa: Jurnal Perhimpunan Pengelola Laboratorium Pendidikan Universitas Gadjah Mada. 6(2), 93-99. DOI: https://doi.org/ 10.22146/ijl.v1i2.85819

Sudarmadi, S., & Widianto, E. 2017. Teknologi Mesin dan Efisiensi Bahan Bakar. Yogyakarta: Andi Offset

Zainuri, F. 2018. Fundamental Emgine. Jakarta: PNJ Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p75-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats