PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X TKRO 1 DI SMK TUREN

Lintang Namida Suna Avilla, Syarif Suhartadi, Fuad Indra Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif di SMK Turen, Malang. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran quantum teaching dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKRO 1 yang terdiri dari 32 orang laki-laki. Tahap planning, action, observation, dan reflection merupakan bagian dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dalam penelitian ini. Telaah data memanfaatkan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan posttest dan lembar pengamatan. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa menggunakan metode quantum teaching bisa meningkatkan motivasi siswa dan prestasi belajar. Metode pembelajaran quantum teaching diterapkan dengan memberikan kesempatan siswa untuk aktif menyampaikan pendapatnya tanpa rasa takut kalau pendapatnya itu salah atau benar dan mengkomunikasikan ide-idenya yang dilakukan sehingga mengurangi siswa merasa bosan ataupun malas dalam mengikuti pembelajaran. Sebelum dilakukan tindakan, prestasi belajar kognitif siswa sebesar 57,68%, setelah diterapkan tindakan di siklus I meningkat 63,33%, dan siklus II meningkat 84,37%. Motivasi siswa belajar sebelum penelitian 50%, meningkat di siklus I 70,83%, dan siklus II 86,72%. Dengan hasil ini, penerapan pendekatan pembelajaran quantum teaching diharapkan akan berfungsi sebagai tolak ukur untuk metode pembelajaran mutakhir lainnya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.

Keywords


Metode Quantum Teaching; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arpiah. (2020). Jurnal PRIMATIKA, Volume 9, Nomor 1, Juni 2020. 9, 43–52.

Bahri, A. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bangunan Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Di Smk Negeri 3 Makassar Tahun 2014-2015. 3(1), 104–114.

Damayanti, R. R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2021). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602

Emputri, Y., Ambiyar, A., Arwizet, A., & Rahim, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.17

Hendra, M. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN AUDIO-LINGUAL METHOD ( ALL ) PADA SISWA KELAS X . 1 SMAN 1 KINALI Amris Handra SMAN 1 Kinali PENDAHULUAN Berhasilnya pelaksanaan suatu pendidikan , khus. 03(01), 73–84.

Imansari, A., Umamah, N., & Suranto. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas Xh Man 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1, 1–7.

Jarmita, N., & Hazami, H. (2013). Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 212–222. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.474

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.

Nopiarni, A. (2021). 済無No Title No Title No Title. Ani Nopiarni, 12(2), 2013–2015.

Nupiah, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di MAN 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Journal on Education, 5(2), 4391–4409. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1160

Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p91-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats