PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

Bramasta Zeinnedin Hardar, Syamsul Hadi, M. Ihwanudin

Abstract


Riset berikut memliki tujuan yaitu antara lain: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar dari penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Discovery Learning pada siswa 10 TKR SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang yang mengikuti mata kuliah Teknologi Dasar Otomotif (2) mengetahui perbedaan keaktifan dari penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Discovery Learning pada siswa 10 TKR SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang yang mengikuti mata kuliah Teknologi Dasar Otomotif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian post test control group dan quasi eksperimen. Pada penelitian ini kelas X TKRO 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X TBSM 1 dijadikan sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Mind Mapping. Tes dan catatan observasi merupakan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yang diterapkan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa, maka akan digunakan analisis deskriptif dan analisis uji t independen untuk mengetahui hasil dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa antara model pembelajaran think pair share dengan media mind map dan discovery learning.

Keywords


model pembelajaran think pair share; hasil belajar; keaktifan

Full Text:

PDF

References


Dewi, I. P., & Nugraheni, A. S. 2022. Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kalimat Berpola. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 5(2). 31–40. DOI: http://dx.doi.org/ 10.31970/gurutua.v5i2.101

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz Y., & Rifma. 2021. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu. 5(6):6025–6033. DOI: http:// dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika. 1(1). 1–8. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Lubis, R., Herlina, M. & Rukmana, J. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Media Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 2(2):160–178. DOI: https://doi.org/10.31539/ bioedusains.v2i2.978

Nasution, R. H., Hapidin, & Fridani, L. 2020. Pengaruh Pembelajaran ICT Dan Minat Belajar Terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2):733-746. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.411.

Rahmawati, D. D., & Rahmawati, A D. 2022. Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sine. Indonesian Journal of Education And Humanity. 2(3):62–70. Dari: https:// ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/55

Rikawati, K., & Sitinjak D. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC) 2(2):40-48. DOI: 10.21580/jec.2020.2.2. 6059.

Satria, H. 2021. Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 5(1). 17-23. DOI: 10.22373/crc.v5i1.8085.

Trianto. 2019. Jurnal Educatio FKIP UNMA.” 6(1). 177–86.

Utaminingsih, R., & Pratiwi D. A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. 3(1). 290–296. DOI: 10.30738/ tc.v3i1.4330.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p99-106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats