PENGARUH MODIFIKASI PER CUSTOM PADA SUSPENSI TYPE MACHPERSON STRUT TERHADAP GEJALA WHOLE BODY VIBRATION DAN KENYAMANAN PADA PENGEMUDI SERTA PENUMPANG BARIS PERTAMA DI MOBIL LOW SUV

Hilal Nurfadhilah Razaq, Marji Marji, Hasan Ismail

Abstract


Saat ini mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak diminati di Indonesia. Karena dengan naik mobil, masyarakat merasa lebih aman dan nyaman. Kita tidak terkena panas dan hujan ketika sedang berada di dalam mobil. Mengingat jalanan di Indonesia yang masih belum memadai, maka faktor utama dari kenyamanan ialah suspensi mobil itu sendiri. Fungsi sistem suspensi adalah meredam getaran akibat kontur tidak beraturan, seperti gundukan kecepatan, jalan berlubang, dan jalan berbatu. Getaran yang diterima tubuh berulang kali dapat menimbulkan gangguan Kesehatan pada tubuh manusia. Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk melihat apakah adanya perbedaan modifikasi per custom pada suspensi type Machperson Strut terhadap gejala Whole Body Vibration dan kenyamanan pada pengemudi serta penumpang baris pertama di mobil low SUV. Dalam proses penelitiannya menggunakan metode Pre-Eksperimental Design degan model Pretest dan Posttest Design untuk melihat perbedaan hasil pada sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Penelitian ini menghasilkan adanya perbedaan antara modifikasi per custom pada suspensi type macpherson strut terhadap gejala whole body vibration pada pengemudi dan penumpang baris pertama di mobil Low SUV dibuktikan dengan nilai t-test sebesar 0,000, kemudian terdapat perbedaan antara modifikasi per custom pada suspensi type macpherson strut terhadap tingkat kenyamanan pada pengemudi dan penumpang baris pertama di mobil Low SUV dibuktikan dengan nilai t-test sebesar 0,000. Dan getaran yang diterima pada pengemudi maupun penumpang baris pertama lebih sedikit ketika mobil sudah dilakukan modifikasi pada bagian pernya yaitu dengan hasil getaran yang diterima sebesar 0,3 m/s2 – 2,1 m/s2. Dibandingkan dengan suspensi standar getaran yang diterima sebesar 1,8 m/s2 – 3,9 m/s2.

Keywords


Whole Body Vibration (WBV); Kenyamanan; Getaran

Full Text:

PDF

References


Safira, S. A. 2017. Evaluasi Satu Minggu Post Terapi Whole-Body Vibration Terhadap Intensitas Nyeri Neuropatik Menggunakan Neuropatic Pain Scale Dan Visual Analog Scale Pada Pasien Lepra Di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar 2017. BMC Public Health 5(1):1–8.

Ketaren, J. B. P., Prahasto, T., Haryanto, I. 2022. Analisa dan Kaji Parameter Desain Suspensi Mcpherson Terhadap Perilaku Kendaraan Menggunakan Metode Multi Body Dynamic 1. Jurnal Teknik Mesin 10(3). 435–444. Dari: https://ejournal3. undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/35140

Djuartina, T., Yauwono, A., Irawan, R., & Steven, A. Hubungan Paparan Whole Body Vibration Dengan Low Back Pain Pada Pengemudi Ojek Online, Journal of The Indonesian Medical Association, 70(10). 222–227. DOI: https://doi.org/10.47830 /jinma-vol.70.10-2020-301

Haikal, M., & Wijaya, S. M. 2018. Risiko Low Back Pain (LBP) Pada Pekerja Dengan Paparan Whole Body Vibration (WBV). Jurnal Kesehatan dan Agromedicine. 5(1). 529–533. Dari: https://juke.kedokteran.unila .ac.id/index.php/agro/article/view/1997

Irianto, J. & Djaja, S. 2017. Status Kesehatan Pengemudi Dan Kelaikan Bus Menjelang Mudik Lebaran Tahun 2015. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan 26(3). 181–190. DOI: 10.22435/mpk.v26i3. 4969.181-190.

Jaedun, A. 2021. Metode Penelitian Eksperimen, Metodologi Penelitian Eksperimen 0–12.

Kurniati, H., Flora, R., & Sitorus, R. J. 2019. Analisis Pengaruh Whole Body Vibration (WBV) Terhadap Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Operator Alat Berat di PT. X. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan). 4(1) :29-43 DOI: 10.30829/ jumantik.v4i1.3121.

Yono, L. Nurhadi, & Hardjito, A. 2020. “Optimalisasi Tekanan Shock Absorber Dan Tekanan Pegas Coil Terhadap Getaran Mobil.” Jurnal Energi Dan Teknologi Manufaktur (JETM). 3(01). 5–10. DOI: 10.33795/jetm.v3i01.47.

Sugiyono. 2016. METLIT SUGIYONO.Pdf. 336.

Wulandari, D. M., Lady, L., & Umyati, A. 2016. Pengaruh Getaran Mekanik Dan Kebisingan Terhadap Tekanan Darah Pada Laki-Laki Dan Perempuan. Jurnal Teknik Industri Untirta 4(3):1–7. DOI: https://dx.doi.org/10.36055/jti.v0i0.1395




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p135-142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats