HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK ISLAM 1 BLITAR

Muhammad Argio Firdaus, Andika Bagus Nur Rahma Putra, Dani Irawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji kejadian yang sudah terjadi untuk mencari variabel-variabel yang menyebabkan peristiwa tersebut. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi sedangkan data hasil belajar didapat dari dokumentasi nilai hasil belajar. Data didapat dari populasi siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar yang menempuh mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan yang berjumlah 118 siswa, penentuan jumlah sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan Isaac dan Michael sehingga didapat jumlah sampel 84 siswa. Pengujian dilakukan dengan menganalisa hasil deskripsi data, uji korelasi, dan uji regresi. Penelitian ini menghasilkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dibuktikan dengan nilai r 0,318, adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi dengan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dibuktikan dengan nilai r 0.359, adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dinuktikan dengan nilai R2 0,148.

Keywords


kepercayaan diri; kemampuan komunikasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168. DOI: https:// doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520

Dewi, P. T. I., Puspadewi, K. R., & Wibawa, K. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2020 (MAHASENDIKA), 9, 77–86. Dari: https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/911

Effendy, O. U. 2005. lmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Firdawati, I. & Hidayat, W. 2018. HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK. Visipena, 9(1), 151–158. DOI: https://doi.org/10. 46244/visipena.v9i1.448

Gemawati; Muritini, Wiedy; Murwaningsih, T. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Di Smk N 1 Banyudono. Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 3(3).

Nurpalah, R., & Setyawidianingsih, N. N. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTs DI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Journal on Education, 1(2), 353–364. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.75

Setyowati, D., & Widana, I. W. 2016. Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, 5(1), 66–72. DOI: https://doi.org/10.59672/emasains.v5i1.21

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.(14th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p143-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats