UJI BANDING RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI KELAS XI SMKN 1 TRENGGALEK

Eko Nur Hadiansah, Widiyanti Widiyanti, Djonni Bangun

Abstract


Metode pembelajaran merupakan sebuah pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Di  dalam sebuah metode pembelajaran terdapat banyak tipe pembelajaran yang dapat meningkatkan keefektifan proses belajar. Pemilihan model pembelajaran yang efektif harus di sesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran.Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan penggunaan model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung (MPL) dalam mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Apabila dalam sebuah proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat maka dapat diindikasikan hasil belajar tercapai maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL) dan model pembelajaran langsung (MPL) pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan untuk  menghasilkan produk berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experimental design). Subyek pada penelitian ini yaitu kelas XI TPm 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL) dan kelas TPm 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning  (PBL). Pemilihan subyek penelitian ini menggunakan caraassignment random sampling  atau sistem acak. Penelitian ini terdapat empat data kuantitatif yaitu  pre-test kelas eksperimen,  pre-test  kelas kontrol,  post-test  kelas eksperimen, dan  post-test  kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal  pre-test dan post-test pilihan ganda dan teknik analisis menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran  problem based learning  dan model pembelajaran langsung pada mata  pelajaran teknik pemesinan bubut. Perbedaan signifikan terdapat pada penerapan model pembelajaran  problem based learning, dimana kemampuan awal siswa dengan rata-rata 57,92 meningkat menjadi 74,17 dengan persentase peningkatan 16,25%. Perbedaan lain terdapat pada keaktifan siswa di dalam kelas, bagaimana siswa mencari informasi secara individu dan saling berinteraksi dengan teman sebaya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.