HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Wahyu Hari Mukti, Syarif Suhartad, Yoto Yoto

Abstract


Dalam proses pembelajaran diperguruan tinggi, rasa percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor intern pendukung keberhasilan mahasiswa.Rasa percayadiri  dan  motivasi   belajar sangat penting untuk ditanamkan kepada setiap mahasiswa, karena kurangnya rasa percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar bisa menyebabkan kegagalan mahasiswa dalam melaksanakantugas perkulihan. Hal tersebut didasari oleh ketidak percayaan akan kemampuan dirinya dan akan berdampak pada prestasi belajar yang rendah. Sehingga rasa percaya diri dalam belajar harus ditumbuhkan agar memotivasi mahasiswa menjadi berprestasi. jika percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar tinggi, maka akan memperoleh pencapaiaan tingkat prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.  Hasil penelitian menunjukan bahwa percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 24% dan sisanya sebesar 76% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti: dukungan sosial, berfikir kreatif,  bakat akademik, dan lingkungan  sehingga dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.  Berdasarkan hasil  analisis data, maka dapat diperoleh tiga simpulan sebagai berikut:(1) ada hubungan antara percaya diri dalam belajar dengan prestasi belajar mahasiswa diperoleh nilai dengan kriteria cukup(51.10%), (2) ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi  belajar mahasiswa diperoleh nilai dengan kriteria baik  (44.40%), dan (3) ada hubungan antara percaya diri  dalam belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa diperoleh nilai dengan kriteria baik (45.60%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.