PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MOTOR BENSIN SISWA SMK

Yudha Ari Purnama, Amat Mukhadis, Imam Muda Nauri

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian adalah untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional, pada siswa intelegensi tinggi dan rendah, serta interaksinya. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan PBM dan Pembelajaran Konvensional; (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan intelegensi tinggi dan intelegensi sedang; dan (3) tidak terdapat interaksi antara PBM dan tingkat intelegensi terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, intelegensi, hasil be lajar, teknologi motor bensin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.