Genially Interactive Media to Boost Interest in Learning Electrical Basics in Vocational Schools
Abstract
Full Text:
PDFReferences
E. Widianto, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Educ. Teach., vol. 2, no. 2, p. 213, 2021, doi: 10.24014/jete.v2i2.11707.
A. Haleem, M. Javaid, M. A. Qadri, and R. Suman, “Understanding the role of digital technologies in education: A review,” Sustain. Oper. Comput., vol. 3, pp. 275–285, Jan. 2022, doi: 10.1016/j.susoc.2022.05.004.
T. D. Salsabilla, Y. Yuliati, and U. Cahyaningsih, “STUDI LITERATUR : Penggunaan Media Visual Infografis dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa,” Prosding Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 276–282, 2021.
F. Fitri and A. Ardipal, “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 6330–6338, 2021, doi: 10.31004/basic.v5i6.1387.
M. Cents-Boonstra, A. Lichtwarck-Aschoff, E. Denessen, N. Aelterman, and L. Haerens, “Fostering student engagement with motivating teaching: an observation study of teacher and student behaviours,” Res. Pap. Educ., vol. 36, no. 6, pp. 754–779, Nov. 2021, doi: 10.1080/02671522.2020.1767184.
H. Balalle, “Exploring student engagement in technology-based education to gamification, online/distance learning, and other factors: A systematic literature review,” Social Sciences and Humanities Open, vol. 9. Elsevier, p. 100870, Jan. 01, 2024. doi: 10.1016/j.ssaho.2024.100870.
F. Fitriani, “Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI,” Genderang Asa J. Prim. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 30–42, 2021, doi: 10.47766/ga.v2i2.152.
S. Getenet and E. Tualaulelei, “Using interactive technologies to enhance student engagement in higher education online learning,” J. Digit. Learn. Teach. Educ., vol. 39, no. 4, pp. 220–234, 2023, doi: 10.1080/21532974.2023.2244597.
A. Susanto, D. Jatmoko, Y. Widiyono, J. Purwanto, and R. Milyuantara, “Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire,” J. Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 338–344, 2023, doi: 10.36232/pendidikan.v11i2.4406.
K. Aristia, C. E. Nasryah, and A. A. Rahman, “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD,” Edunesia J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 16–25, 2020, doi: 10.51276/edu.v1i2.33.
E. M. Nisa, A. Bahar, N. Purwidiani, and I. F. Romadhoni, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Kompetensi Dasar Personal Hygiene Di SMK Negeri 2 Ponorogo,” J. Tata Boga, vol. 11, no. 2, pp. 89–98, 2022.
A. D. Safira, I. Sarifah, and T. Sekaringtyas, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 2, pp. 237–253, 2021, doi: 10.37478/jpm.v2i2.1109.
E. Wijayanti, T. Fayeldi, and P. P. Y. Ika, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang,” Emasains J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 224–235, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4305182.
F. Salsabila and A. Aslam, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar,” Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6088–6096, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3155.
J. Enstein, V. R. Bulu, and R. L. Nahak, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 01, pp. 101–109, 2022, doi: 10.57008/jjp.v2i01.150.
A. Yolanda, Santa, and R. Sri Indriani, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially Pada Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 2548–6950, 2023, doi: 10.23969/jp.v8i1.9137.
L. D. Putra, M. Sintawati, and H. Siswantari, “Pelatihan pengembangan bahan ajar digital game-based learning,” Semin. Nas. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 0, pp. 421–428, 2022.
R. Ratniati and R. Hasan Harahap, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan,” J. Penelit. Pendidik. MIPA (JP2MIPA, vol. 7, no. 1, pp. 18–27, 2022, doi: 10.32696/jp2mipa.v7i1.1337.
N. kHOIRUN Ni’mah, W. Warsiman, and T. Hermiati, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang,” J. Metamorf., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.46244/metamorfosa.v10i1.1731.
S. Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
L. Damayanti, W. Suana, and A. R. Riyanda, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis augmeneted reality pengenalan perangkat keras komputer,” Ikra-Ith Inform., vol. 6, no. 1, pp. 10–19, 2022.
H. Elmunsyah, W. N. Hidayat, K. Asfani, and K. Kusumadyahdewi, “Mobile app-based learning media to facilitate student learning,” World Trans. Eng. Technol. Educ., vol. 17, no. 1, pp. 88–92, 2019.
M. Sailer, J. U. Hense, S. K. Mayr, and H. Mandl, “How gamification motivates: An experimental study of the effects of specific game design elements on psychological need satisfaction,” Comput. Human Behav., vol. 69, pp. 371–380, Apr. 2017, doi: 10.1016/j.chb.2016.12.033.
I. Magdalena, H. N. Fauzi, and R. Putri, “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya,” Bintang J. Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 244–257, 2020.
H. Ndraha and A. R. Harefa, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 5328–5339, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.3714.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um010v7i12024p20-25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Letters in Information Technology Education (LITE) |