PELATIHAN MENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG

Eny Nur Aisyah, Putri Mahanani

Abstract


Abstract: Professional ability that must be owned by one of them is writing skill. Teachers generally have difficulty in improving professional and academic skills in authorship, because teachers do not yet have sufficient scientific insights and skills to write scientific articles. The purpose of this activity is to improve the competence of teachers in the field of authorship of scientific articles. The methods used are lectures, frequently asked questions, discussions, and counseling services. The results obtained show that the trainee’s teachers have had the skills to write scientific articles and produce scientific articles that deserve to be published in scientific journals.

Keywords: article writing, teacher, elementary school, kindergarten

Abstrak: Kemampuan profesional yang harus dimiliki guru salah satunya adalah kemampuan menulis artikel. Guru pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kemampuan profesional dan akademik dalam bidang kepenulisan, karena para guru belum memiliki wawasan karya ilmiah dan keterampilan yang memadai untuk menulis artikel ilmiah. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kepenulisan artikel ilmiah. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan layanan bimbingan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa guru peserta pelatihan telah memiliki keterampilan menulis artikel ilmiah serta menghasilkan produk artikel ilmiah yang layak diterbitkan di jurnal ilmiah.

Kata kunci: menulis artikel, guru, sekolah dasar, taman kanak-kanak


Full Text:

PDF

References


Djuroto, T., dan Supriyadi, B. 2007. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Dwipayana, A. 2003. Karya Ilmiah Menulis di Media. Jakarta: Global Mahardika.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 tentang Penetapan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2000. Jakarta: Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Sudjana, N., dan Laksana, U. 2004. Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suhardjono. 2006. Peningkatan Karir Tenaga Kependidikan Khususnya dalam Hal Pembuatan Karya Tulis Ilmiah sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi. Makalah disampaikan pada Temu Konsultasi dalam rangka Koordinasi dan Pembinaan Kepegawaian Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Griya Astuti, Kementerian Pendidikan Nasional, November.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ABDIMAS PEDAGOGI



View My Stats