Pembinaan Guru Pendidik Anak Usia Dini Dalam Penyelenggaraan Program Parenting Education

Rezka Arina Rahma, Sucipto Sucipto, Ach. Rasyad, R. Anggia Listyaningrum, Savira Widya Puspitasari, Roza Ghozwatul

Abstract


The problem faced by early childhood educators is that they are less able to organize parenting education activities because of the lack of guidance from related parties. The purpose of this coaching is to facilitate early childhood educators by taking the subject, namely teachers at RA Muslimat in organizing parenting education programs. The method used in this activity is the identification and socialization of activities, discussions, practices, as well as evaluation and reflection with a share and care approach. The results of the activity provided changes to RA Muslimat teachers in the form of being able to design parenting education programs according to the needs of parents/guardians and being committed to implementing parenting education programs at the institution periodically. Such coaching activities can be carried out periodically to maintain and provide information related to early childhood care involving parents or guardians.


Permasalahan yang dihadapi guru pendidik anak usia dini adalah kurang mampu dalam hal menyelenggarakan kegiatan parenting education karena kurang adanya pembinaan dari pihak yang terkait. Tujuan pembinaan ini ialah memfasilitasi guru pendidik anak usia dini dengan mengambil subyek yaitu guru di RA Muslimat dalam menyelenggarakan program parenting education. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah identifikasi dan sosialisasi kegiatan, diskusi, praktek, serta evaluasi dan refleksi dengan pendekatan share and care. Hasil pelaksanaan kegiatan memberikan perubahan pada guru RA Muslimat dalam bentuk mampu merancang program parenting education sesuai kebutuhan wali murid/orangtua dan berkomitmen untuk melaksanakan program parenting education di lembaga secara periodik. Kegiatan pembinaan semacam ini dapat dilaksanakan secara periodik untuk menjaga dan memberikan informasi terkait dengan pengasuhan anak usia dini yang melibatkan orangtua atau wali murid.



Keywords


Early childhood; parenting education; teacher coaching; Anak usia dini; parenting education; pembinaan guru

Full Text:

PDF

References


Handayani, O. D. (2020). Edukasi dan Workshop Pembuatan Makanan Bergizi bagi Anak “Homemade Healthy Child Food” bagi Tumbuh Kembang Anak di BKB dan Gugus PAUD di Cilandak, Jakarta Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 144–148. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2760

Khasanah, I., Tika Damayani, A., Mushafanah, Q., & . V. (2014). IbM Pembelajaran Ramah Anak Bagi Orang Tua Dan Guru Tk-Paud Di Kec. Godong Kabupaten Grobogan. E-DIMAS, 5(1), 35. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v5i1.742

Muthmainnah, M. (2015). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2920

Prasetyo, A., Khasanah, I., Karmila, M., & Rakhmawati, E. (2012). Pentingnya Bintek (Bimbingan Teknis) Dalam Pengembangan Karakteristik Tenaga Pengajar Di Pos Paud Sebagai Perwujudan Mutu Pendidik Profesional. E-DIMAS, 3(1), 31. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.251

Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di TK Anak Ceria. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 4(1), 9

Rihatno, T., Yufiarti, Y., & Nuraini, S. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dan Orangtua Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117–128. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.08

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Indeks

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Pustaka Pelajar

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yetti, R. (2009). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 12




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v4i2p97-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats