Model Kemitraan yang Inovatif Untuk Membangun Jaringan Pemasaran Kerjasama Industri UMKM dengan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang (Kajian Potensi Icon Kabupaten Jombang dalam Kerangka Membangun Kerjasama Kemitraan Ekonomi)

Mohammad Imsin, Dina Eka Shofiana

Abstract


Abstract: Jombang regency has two icon, (one) title as pesantren city because of the existence of several big boarding huts that have been national and (second) have achievement in co- operative and SME development in East Java since 2012, from the two potentials should be mutual cooperation. UMKM industry products from jombang are in desperate need of marketing networks, and boarding school Darul ulum has the potential of santri network and alumni who menasional, capital and iven-iven.Namun pesantren and UMKM industry which is the icon of Jombang district has not been optimal for synergy and cooperation. Discovering an innovative and productive partnership model to address MSME industry issues in marketing, capital and human resources is an important part of this research. And at the same time to exploit the potential and network owned by Darul Ulum boarding school to answer the problem of UMKM industry in Jombang regency about marketing, capital and human resources. As an institution that has a strong base at the community level, Darul Ulum pesantren must participate in developing the economy of ummah, entrepreneurship and doing productive activities based on local resources. MSME industry and Darul Ulum pesantren can provide financial support, development of life skill, promotion and marketing in pesantren environment. Jombang district policy until the year 2025 puts UMKM industry as an agribusiness program based on agribusiness to Jombang Agropolitan. This study uses participatory approach through the stages: problem identification, problem analysis, codification, presentation, discourse and action (real step). Discovered potential owned by UMKM industry of Jombang Regency in the form of various types of ready and needed product on the market that is 67 types typical food and beverage products (mamin), 43 souvenir products and 18 fation products. And the potential of Darul Ulum Islamic boarding school Jombang is strategic as an opportunity to establish cooperation / partnership with UMKM industry in Jombang includes large communities (approximately 10 thousand students and teachers), Resources (human, facilities), Network alumni (spread nationwide ), Capital network (bank and non bank cooperation) and concrete steps in the form of Gallery, UMKM santri product, Entrepreneur’s Day and Network Marketing through alumni and guardian santri. 

 

Abstrak: IKabupaten Jombang memiliki dua icon,( satu) sebutan sebagai kota pesantren karena bendiri beberapa pondok pesantren besar yang sudah menasional dan( kedua) memiliki prestasi dalam pembinaan koperasi dan UMKM di jatim sejak tahun 2012, dari dua potensi tersebut sepatutnya untuk saling melakukan kerjasama. Produk industri UMKM dari jombang sangat membutuhkan jaringan pemasaran, dan pondok pesantren Darul ulum memiliki potensi jaringan santri dan alumni yang menasional, modal dan iven-iven.Namun pesantren dan industri UMKM yang merupakan icon kabupaten Jombang belum optimal untuk bersinergi dan kerjasama. Menemukan model kemitraan yang inovatif dan produktif untuk menjawab permasalahan industri UMKM bidang pemasaran,permodalan dan SDM adalah sesuatu hal yang penting dari penelitian ini. Dan sekaligus untuk memanfaatkan potensi dan jaringan yang dimiliki oleh pondok pesantren Darul Ulum guna menjawab permasalahan industri UMKM di Kabupaten Jombang tentang pemasaran, permodalam dan SDM. Sebagai lembaga yang memiliki basis yang kuat di tingkat masyarakat bawah, pesantren Darul Ulum harus ikut mengembangkan ekonomi ummat, kewirausahaan dan melakukan kegiatan produktif berbasis sumberdaya local. Industri UMKM dan pondok pesantren Darul Ulum saling bisa memberi dukungan financial, pengembangan ketrampilan kecakapan hidup (life skills ) , promosi dan pemasaran di lingkungan pesantren. Kebijakan kabupaten Jombang sampai tahun 2025 menempatkan industri UMKM sebagai program unngulan yang berbasis di bidang agrobisnis menuju Jombang Agropolitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatori yang melalui tahapan: identifikasi masalah,analisis masalah, kodifikasi, penyajian , pendiskusian dan tindakan (langkah nyata).Ditemukan potensi yang dimiliki oleh industri UMKM Kabupaten Jombang berupa aneka jenis produk yang siap dan butuh di pasarkan yaitu, 67 jenis produk makanan khas dan minuman (mamin ) , 43 produk cindera mata dan 18 produk fation. Dan potensi yang dimiliki oleh pondok pesantren Darul Ulum Jombang yang strategis sebagai peluang untuk menjalin kerjasama / bermitra dengan industri UMKM di Jombang meliputi komunitas besar ( kurang lebih 10 ribu santri dan guru ), Sumberdaya ( manusia, fasilitas ), Jaringan alumni ( yang tersebar nasional ), Jaringan modal ( kerjasama bank dan non bank) dan langkahnyata berupa, Galeri produk UMKM santri, Entrepreneur’s Day dan Jaringan Pemasaran melalui alumni dan wali santri.


Keywords


Two potentials of Jombang; Partnership and marketing; Kurikulum 2013; model pembelajaran; inovatif; kreatif

Full Text:

PDF

References


Imsin al Mustofa, 2011, Industri rumah tangga di desa Tambar masuk pasar regional Jawa Timur (jurnal)

Mustofa. H. Dan mulyono. 2010.Profil UMKM di Kabupaten Jombang menuju pasar bebas asian 2014. (jurnal)

Bambang S. 2012, Karakteristik kerajianan Industri UMKM Jombang yang mampu menembus pasar dunia (Jurnal)

Indra k. DKK. 2012, Industri logam di kecamatan MojoAgung dan penyerapan tenaga kerja dari kabupaten Jombanag(jurnal)

Wiwik M. 2012. Produk UMKM dari kabupaten Jombang yang paling diminati oleh turis manca Negara (jurnal )

Mustaqim Ali, 2012, Peranan pondok pesantren dalam mempromosikan produk UMKM dari Jombang melalui jaringan alumni.(jurnal)

Imsin al ustofa, 2012, Analisis potensi pesantren Darul Ulum Jombang Dalam memasarkan Produk Industri UMKM melalui iven pesantren (jurnal)

Sunarto, 2012, Aneka produk UMKM Kabupaten Jombang, Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang.

Al-Bary, M.D. 2003. Kamus Induk Istilah Ilmiah. Cetakan Pertama. Target Press. Surabaya

A. Halim Rr. Suhartini, (2009) Manajemen pesantren, Yogyakarta.PT.LKIS printing

cemerlang

Basu, S. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Kesepuluh. Liberty. Jogjakarta.

Boediono. 2008. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. Cetakan keduapuluh empat. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Mansur Muhamad, Karyadi Fathurrahman, 2010, Hadratussyeh KH.M. Hasyim Asyari dimata santri (Wawancara dengan KH.Abdul Muchith muzadi) Cetakan II Pustaka Tebuireng, Jombang.

Misbach Lutffie, Moch.(2003) Ekonomi Indonesia, Surabaya .Airlangga University

Press (AUP)

Mubyarto, (2002) Ekonomi Pancasila, Yogyakarta. Badan percetakan Fakultas

Ekonomi (BPFE) UGM.

Mubyarto, Prof.Dr.(2002) Membangu sistem Ekonomi, Yogyakarta.Badan percetakan

Fakultas Ekonomi (BPFE) UGM.

Sulthon, (2006) Manajemen Pondok pesantren ,Yogyakarta,LaksbangPressindo

Damiri, J. 2005. Manajemen Pembelian, Penerimaan, dan Penyimpanan. Cetakan Pertama. Graha Ilmu Yogyakarta.

Furqon. 2004. Statistika Terapan untuk Penelitian. Cetakan Kelima. Alfabeta. Bandung.

Indrajit, R.E. dan J. Pranoto. 2005. Strategi Manajemen Pembelian . Edisi Pertama. PT Grasindo. Jakarta.

Kotler, P. dan K. Kotler. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. PT Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.

Milles, B. dan A.M. Huberman 1992. Analisis Data Kualitatif, Cetakan Pertama. UI Press. Jakarta.

Muhammad, S. 2004. Manajemen Strategik. Edisi kedua. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen. Jogjakarta.

Nurgiantoro, N. 2004. Statistik Terapan. Cetakan Ketiga. UGM Press. Jogjakarta.

Nursakbani, P. 2006. Manajemen Kualitas. Edisi pertama. Ekonisia. Jogjakarta.

Prawirosentono. S. 2007. Manajemen Operasi. Edisi Pertama. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Priatna, D. dan Rony Setiawan. 2005. Pengantar Statistik. Cetakan pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Madji Rofiq Mohammad. 2012. Jurus Dewa Mabuk ala Gus Dur , Cetakan pertaa. Pustaka Tebuireng Jombang.

Sabarguna, B.S. 2005. Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. UI Press. Jakarta.

Sayafa’aat, N., dkk. 2005. Pertanian Menjawab Tantangan Ekonomi Nasional. Cetakan Pertama. Lapera Pustaka Utama. Jogjakarta.

Soekartawi. 2005. Agrobisbisnis. Cetakan Kedua. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Soetriono. 2006. Daya Saing Pertanian dalam Tinjauan Analisis. Cetakan Pertama. Bayumedia Publishing. Malang.

Sudjana. 1999. Statistik Deskriptif untuk Ekonomi dan Niaga. Cetakan Kelima. Tarsito. Bandung.

.Thoha, M. 2003. Prilaku Organisasi. Cetakan Keempatbelas. Fajar Offset. Jakarta.

Usman, H. dan P. Setiadi Akbar. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Edisi Keenam. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i1p28-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats