Pengabdian Cakrawala Nusantara Untuk Membangkitkan Daya Saing Anak Pesisir melalui Pendidikan

Gemala Ranti

Abstract


Abstract: Indonesia as an archipelagic country, geographically has a long coastline (lk 81,000 km) and a vast ocean (5.8 million km2) with a wealth of marine biological resources would require human resources to maintain and preserve it. Coastal children are the generation that will develop the marine biological resources. They need knowledge and insight into maritime that is channeled through education. The archipelago of Nusantara is present as a moving community to develop and raise children’s competitiveness through education. Offers 3 peogram excellence namely, Inspirative Talk Show, Character Building Training (CBT), 3 B (Play, Read, Learn). Through qualitative descriptive research, the researchers see how Cakralawala Nusantara plays an important role in improving the competitiveness of coastal children of Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Based on research, more than 50% of early childhood, primary and junior high school children are motivated to achieve goals and develop their marine environment better, this is a form of generating their competitiveness.

 

Abstrak: Indonesia sebagai negara kepulauan, secara geografis memiliki garis pesisir yang panjang (lk 81.000 km) dan lautan yang luas (lk 5,8 juta km2) dengan kekayaan sumber daya hayati laut yang besar tentu membutuhkan sumber daya manusia untuk menjaga dan melestarikannya. Anak-anak pesisir merupakan generasi yang akan mengembangkan sumber daya hayati laut tersebut. Mereka membutuhkan pengetahuan dan wawasan kemaritiman yang disalurkan melalui pendidikan.Cakrawala Nusantara hadir sebagai komunitas yang bergerak untuk mengembangkan dan membangkitkan daya saing anak peisisir melalui pendidikan. Menawarkan 3 peogram unggulan yaitu, Talk Show Inspiratif, Character Building Training (CBT), 3 B ( Bermain, Baca, Belajar). Melalui penelitian k`ualitatif deskriptif peneliti melihat bagaimana Cakralawala Nusantara berperan penting dalam meningkatkan daya saing anak pesisir Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Berdasarkan penelitian diperoleh lebih dari 50% anak usia dini, anak sekolah dasar, dan anak tingkat sekolah menengah pertama termotivasi untuk meraih cita-cita dan mengembangkan lingkungan laut mereka menjadi lebih baik, hal ini merupakan bentuk dari membangkitkan daya saing mereka.


Keywords


Pendidikan; Daya saing; Cakrawala Nusantara; Education; Competitiveness

Full Text:

PDF

References


A. M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.Jakarta.

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. UNS Press&Yuma Pustaka . Surakarta.

Komariah, Satori Djam’an & Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.Alfabeta. Bandung.

Muhammad Saroni. 2011. Orang miskin bukan orang bodoh. BahteraBuku.Yogyakarta. Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui

Bermain. Grasindo.Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku

Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. Sukamadinata.N.S.2013. Metode Penelitian

Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung. Udik Budi Wibowo. 2010. Pendidikan dari Dalam: Strategi Alternatif Pengembangan Karakter. Diambil dari Jurnal Dinamika Pendidikan

No.01/Th.XVI/Mei 2010.

Yahya Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis

Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Pelangi Publishing. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i1p21-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats