Kemampuan Guru SDN Karang Besuki II dan III Kota Malang dalam Menangani Perilaku Siswa Secara Tepat

Arbin Janu Setiyowati, Henny Indreswari, Irene Maya Simon

Abstract


Community service activities conducted at SDN Karangbesuki II and III Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Malang City aims to improve the ability of teachers in dealing with student behavior, especially off-task behavior raised by students appropriately. The solution offered for dealing with partner problems in handling student behavior appropriately is to use applied behavioral analysis. Applied behavioral  analysis is seen as effective to assist teachers in handling student behavior appropriately because in behavioral change analysis, the focus is on applying the principles of behavioristic theory in handling student behavior appropriately. The goal of this community service activity is all teachers in SDN Karangbesuki II and III, counting 20 people. The goal of this community service activity is increasing the ability of SDN Karangbesuki II and III teachers in handling student behavior appropriately. The methods used in this community service activity use varied lecture methods, discussions and guided duties, workshops and mentoring. The results obtained from the activities of community service in SDN Karangbesuki II and III namely: the increase of understanding and ability of teachers in handling student behavior appropriately. All teachers (100%) understand the importance of handling student behavior appropriately. Most teachers (80%) are able to handle student behavior appropriately. It can be concluded that the principle of applied behavioral analysis to improve the ability of primary school teachers to handle student behavior appropriately.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SDN Karangbesuki II dan III Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menangani perilaku siswa khususnya perilaku off task yang dimunculkan oleh siswa secara tepat. Solusi yang ditawarkan untuk menghadapi permasalahan mitra dalam menangani perilaku siswa secara tepat adalah dengan menggunakan analisis pengubahan tingkah laku. Analisis pengubahan tingkah laku dipandang efektif untuk membantu guru dalam menangani perilaku siswa secara tepat karena di dalam analisis pengubahan tingkah laku, fokus pada penerapan prinsip-prinsip teori behavioristik dalam menangani perilaku siswa secara tepat. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah semua guru di SDN Karangbesuki II dan III yang berjumlah 20 orang. Target dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Meningkatnya kemampuan guru SDN Karangbesuki II dan III dalam menangani perilaku siswa secara tepat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode ceramah bervariasi, diskusi dan tugas terbimbing, lokakarya dan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDN Karangbesuki II dan III yaitu: adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan guru dalam menangani perilaku siswa secara tepat. Seluruh guru (100%) memahami pentingnya menangani perilaku siswa secara tepat. Sebagian besar guru (80%) mampu menangani perilaku siswa secara tepat. Dapat disimpulkan bahwa prinsip analisis pengubahan tingkah laku untuk meningkatkan kemampuan guru SD dalam menangani perilaku siswa secara tepat.


Keywords


student behavir; guidance and counseling; community services; perilaku siswa; bimbingan dan konseling; pengabdian kepada masyarakat

Full Text:

PDF PDF REVISI

References


Alberto, P. & Troutman, A.C. (2009). Applied Behavior Analysis for Teachers. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education

Cooper, O.J., Heron, E.T., & Heward, L.W. (1987). Applied Behavior Analysis. New York: Macmillan Publishing Company.

Cormer, R.J. (1992). Abnormal Psychology. New York: W.H. Freeman and Company

Djibran, A. K. S. (2017). Kepemimpinan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengelolaan Konflik Peserta Didik Di Sekolah. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(I), 27-36.

Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for The 21th Century. New York: Basic Books.

Goleman, D. (2000). Working with Emotional Intelligence, Terjemahan Alex Kantjono W. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khabibah, Z. A. (2017). Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik di SD Muhammadiyah 13 Surakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noprita, N., Rosra, M., & Mayasari, S. (2014). Kendala Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(3).

Santrock, J. (2012). Child Development (10th Edition). Boston: McGraw-Hill




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i2p66-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats