ROMUSA KATULISTIWA (Roti Muter Kadaluwarsa Kanggo Tulis Tinulis Aksara Jawa): Inovasi Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Model TANDUR Bagi Siswa SDN Sriwedari 2

Febri Kalingga Astriyanto, Dyas Anggraini Pandan Wangi, Isnaini Ulfa, Aulia Ira Sudiawati

Abstract


Community service program ROMUSA KATULISTIWA (Roti Muter Kadaluwarsa Kanggo Tulis Tinulis Aksara Jawa): Innovation of Learning Media of aksara jawa with Model TANDUR For Students of SDN Sriwedari 2. This learning media is created from the concern about the lack of skill of aksara jawa in class IV in SDN Sriwedari 2. Media learning that has been innovated with TANDUR model is expected to improve students' ability in mastery of aksara jawa and also make learning more interesting for fourth graders with model TANDUR. Implementation of this community service program started with the establishment of good coordination and communication with the SDN Sriwedari 2, as well as the making of instructional media tailored to the characteristics of children & school environment. Every activity conducted with students there are pre test and post test learning activities conducted with innovative media is done 2 times. In addition, this devotional activity also forms a community BINURAWA (Bisa Nulis Aksara Jawa) which aims to develop innovative learning media, especially to improve the ability of aksara jawa. This devotion is not only until the assistance of the formation of the community alone, but accompanied by the development of learning media through regular meetings or through social media. The results of pre test and post test in learning I with innovative media showed the improvement of students' ability to aksara jawa from 25 (32.66%) to 49.25. In learning II also showed an increase of 54.25 increase (9.95%) to 66.25.

 

Program pengabdian masyarakat ROMUSA KATULISTIWA (Roti Muter Kadaluwarsa Kanggo Tulis Tinulis Aksara Jawa): Inovasi Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Model TANDUR Bagi Siswa SDN Sriwedari 2. Media pembelajaran ini tercipta dari keprihatinan terhadap kurangnya kemapuan aksara jawa  pada kelas IV di SDN Sriwedari 2. Media pembelajaran yang telah diinovasikan dengan model TANDUR ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan aksara jawa dan juga menjadikan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa kelas IV dengan model TANDUR. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dimulai dengan terjalinnya kordinasi dan komunikasi yang baik dengan pihak SDN Sriwedari 2, serta pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak &lingkungan sekolah tersebut. Setiap kegiatan yang dilakukan dengan siswa terdapat pre test dan post test kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan media inovatif ini dilakukan 2 kali. Selain itu kegiatan pengabdian ini juga membentuk komunitas BINURAWA (bisa nulis aksara jawa) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif khususnya untuk meningkatkan kemampuan aksara jawa. Pengabdian ini tidak hanya sampai pendampingan pembentukan komunitas saja, tetapi dilakukan pendampingan pengembangan media pembelajaran  melalui pertemuan rutin  ataupun melalui media sosial. Hasil pre test dan post test pada pembelajaran I dengan media inovatif ini menunjukan peningkatan kemampuan siswa terhadap aksara jawa dari angka 25 meningkat (32,66 %) menjadi 49,25. Pada pembelajaran II juga menunjukan peningkatan 54,25 meningkat (9,95%) menjadi 66,25.


Keywords


Expired bread; Javanese alphabet; learning Media; Roti kadaluarsa; aksara jawa; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Darmadi. (2017). Pengembangan Metode pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta : Depublish

Hamalik, Oemar. (2004). Inovasi Pendidikan: Perwujudannya dalam sistem pendidikan Nasional. Bandung: YP. Permindo.

Ismail. (2003). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan Pertama.

K, Komalasari. (2010). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia learning center.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i2p77-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats