Pelatihan Pembuatan Laporan Karya Inovatif Modifikasi Media Pembelajaran untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Sekolah Dasar

Murtiningsih Murtiningsih, Nur Hanifah, Ratna Trieka Agustina

Abstract


Abstract: Elementary school teachers in Blimbing equality generally have difficulty in making instructional media reports that can be rated as innovative work for promotional requirements in their professional development. This situation is due to the fact that the teachers do not have sufficient insight and skill about the technical reporting of innovative works in carrying out their duties. The purpose of this activity is that the trainees of elementary school teachers in Blimbing sub-district of Malang City in carrying out their duties have the capability of making media reporting techniques as innovative works so that they can continuously boost their professionalism. The method used in the form of training making Media Report Learning as an innovative work for the Development of Sustainable Culture (PKB). Community service activities are considered successful because at the end of the activities all trainees have knowledge and skills about making learning media as innovative works for Sustainable Development of Teachers (PKB) of trainee teachers.

 

Keywords: media of learning, innovative work, PKB

 

Abstrak: Guru SD di Kecamaan Blimbing pada umumnya mengalami kesulitan dalam membuat laporan media pembelajaran yang bisa dinilai sebagai karya inovatif untuk syarat kenaikan pangkat dalam pengembangan profesi mereka. Keadaan ini disebabkan karena para guru-guru belum memiliki wawasan dan keterampilan yang memadai tentang teknis pembuatan laporan karya inovatif dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan kegiatan ini agar peserta pelatihan guru-guru SD di kecamatan Blimbing Kota Malang dalam menjalankan tugasnya memiliki kemampuan teknik pembuatan laporan media pembelajaran sebagai karya inovatif sehingga mampu meniningkatkan keprofesionalan secara berkelanjutan. Metode yang digunakan berupa pelatihan pembuatan Laporan Media Pembelajaran sebagai karya inovatis untuk Pengembanan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dianggap berhasil karena pada akhir kegiatan semua peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan lapoan media pembelajaran sabagai karya inovatif untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru-guru peserta pelatihan. 

 

Kata kunci: media pembelajaan, karya inovatif, PKB


Keywords


media pembelajaran, karya inovatif, PKB

Full Text:

PDF

References


John D. Latuheru 2002. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar – Mengajar Masa Kini, Makassar: State University Pers

Kustiawan, U. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dab Angka Kreditnya. Jakarta 2011: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Pengembangan Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran MIPA dan Non MIPA Tanggal 26 Nopember 2007 di FMIPA-UM.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian NegaraNomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang PetunjukTeknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p136-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats