Peningkatan Kompetensi Pengasuh melalui Pelatihan Pengasuhan Ramah Anak pada Taman Penitipan Anak

Sri Wahyuni, Ellyn Sugeng Desyanty, Endang Sri Redjeki

Abstract


Abstract: Through this training is expected to improve the quality of care from the TPA caretakers, especially those located in Malang. Training activities are conducted in the form of in-on training, ie trainees are not only required to follow the theory exposure, but also given the opportunity to practice child-friendly practices in their institutions. The presentation of the theory of child-friendly nurturing is presented on a day-to-day basis on October 27, 2016, followed by guided practice for 2 weeks on 2-15 November 2016, which is guided by the head of the TPA. The training participants are 45 people from 15 TPA institutions. Each institution is represented by 3 people, consisting of 2 caregivers and a head of institution.

 

Keywords: caregiver competence, child-friendly education, Childcare Park

 

Abstrak: Melalui pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengasuhan dari para pengasuh TPA, khususnya yang berada di Kota Malang. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam bentuk in-on training, yaitu peserta pelatihan tidak hanya diwajibkan mengikuti pemaparan teori, namun juga diberi kesempatan untuk melakukan praktik pengasuhan ramah anak di lembaganya. Pemaparan teori tentang pengasuhan ramah anak disajikan dalam waktu sehari pada tanggal 27 Oktober 2016, kemudian dilanjutkan dengan praktek terbimbing selama 2 minggu tepatnya tanggal 2-15 Nopember 2016 yang dibimbing oleh kepala TPA. Peserta pelatihan berjumlah 45 orang berasal dari 15 lembaga TPA. Setiap lembaga diwakili 3 orang, terdiri dari 2 orang pengasuh dan seorang kepala lembaga. 

 

Kata kunci: kompetensi pengasuh, pendidikan ramah anak, Taman Penitipan Anak


Keywords


kompetensi pengasuh, pendidikan ramah anak, Taman Penitipan Anak

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 2011. Kepemimpinan HIMPAUDI: Studi Kasus di Kota Malang. Malang: Aditya Media Publishing.

Asmawati, L. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Brock, A. Building a Model of Early Years Professionalism from Practitioners Perspectives. 27 Nopember 2013 published online by Journal of Early Childhood Research: SAGE Publications.

Brown, C., Lisa, A., & John, W. 2011. Introduction: Crossiy Boendaries and CollidingWorld: The Polities of Prekindergarten Education. Journal Educational Policy. Vol. 25. No. 1. pp. 3-8

Danesh, H.8.1994. The Psychology of Spirituality. Victoria Canada: Paradigm Publishing. Ottawa Canada: Nine Pines Publishing.

Goleman, D. 1997, Kecerdasan Emoslonal: Mengapa EI lebih penting dori IQ? Diterjemalrkan dari Emotional Intellegence, alih batrasa oleh susi Purwoko, Jakarta: PT Crrarnedia Fustaka Utama.

Hadad, L. 2001. An Integrated Approach to Early Childhood Education and Care; A Preleminary Study. Contribution to the workshop: Toward a systemic

Hasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Diva Press. Yogyakarta.

Janet, G., & Diane, W. 2001. Infant, Toddler, and Caregivers. London: Delmars Publishers.

Kemdikbud, 2013. Rencana Strategis Pendidikan (http://www. kemdikbud.go.org)

Kompas.com. 2013. Jumlah PAUD Terpadu Akan Dilipatgandakan. (http:/ kompas.com. diakses tgl 9 Oktober 2013).

KPAI. 2015. Kekerasan Terhadap Anak: Upaya Preventif dan Kuratif (http:/ kpai.go.id diakses

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karalder: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: lndonesia Heritage Foundation.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Boston: Mc. Graw Hill.

Sujiono, Yuliani, N.2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

tanggal 29 Oktober 2015).

UNESCO. 2005. Policy Review Report: Early Childhood Care and Education in Indonesia. Early Childhood and Family Policy Series, No. 10.

Wahyuni, S. 2013. Pembinaan Karakter Pendidik PAUD Berbasis Nilai-nilai Agamis. Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, S. 2014. Perencanaan Strategis Pengembangan Lembaga PAUD Terpadu: Studi multikasus pada Tiga Lembaga PAUD Terpadu di Kota Malang. Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, S. 2015. Peningkatan Nilai Strategis Jasa Layanan Lembaga PAUD: Studi Multisitus pada Tiga Lembaga PAUD di Kota Malang. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p193-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats