Workshop Penyusunan dan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru TK
Abstract
Based on the results of interviews and observations of kindergarten teachers in Srengat Subdistrict, Blitar District. The data were obtained that the time period of promotion to teachers requires a relatively long time. This is because the teachers have difficulty in making scientific work. This workshop aims to improve the professionalism of teachers in compiling scientific work, especially in the preparation of classroom action research (CAR) reports. The methods carried out in conducting the workshop activities included lectures, technical guidance during the preparation of proposals, as well as technical guidance in report writing. After the workshop the teachers who took part in the activity were able to determine the CAR title, prepare CAR proposals, and write CAR reports in accordance with the rules of scientific writing.
Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi terhadap guru TK di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar diperoleh data bahwa rentang waktu kenaikan pangkat pada guru membutuhkan waktu yang relatif lama. Hal tersebut disebabkan karena para guru mengalami kesulitan dalam membuat karya ilmiah. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dalam menyusun karya ilmiah khususnya dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang dilakukan dalam melakukan kegiatan workshop ini antara lain melalui ceramah, bimbingan teknis selama penyusunan proposal, serta bimbingan teknis dalam penulisan laporan. Setelah kegiatan workshop para guru yang mengikuti kegiatan telah mampu untuk menentukan judul PTK, menyusun proposal PTK, serta menulis laporan PTK sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziyah Nur, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal melalui Permainan Kubus Bergambar pada Anak Kelompok B3 di TK Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. PAUD Teratai, 2(1).
Juwaryati, A. (2012). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Membaca Permulaan Pada Anak TK Kelompok B (PTK di TK Pertiwi Nanggulan II Cawas, Klaten, Tahun Ajaran 2011/2012). Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Khomariyah, R. L. (2012). Penerapan Permainan Maze Berintangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Kelompok A Di TK ABA 6 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningtyas, M. D. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kolase Berbahan Alam Pada Anak Kelompok B Di TK Muslimat NU Khadiyah Nganjuk. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i2p97-102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat