Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan PTK dan Artikel Ilmiah

Andika Adinanda Siswoyo, Khusnul Hotimah

Abstract


This training aims to give teachers the ability to develop writing literacy. This training was conducted in collaboration with UTM Student Community KKN 31 Program  in developing a literacy culture for elementary school teachers in the Kwanyar Bangkalan region. The target of this research is elementary school teacher Janteh 1 Kwanyar Bangkalan Elementary School. Through this training it helps to develop a literate academic atmosphere, which is able to make the school community enthusiastic to learn and titrate, especially for teachers in SDN Janteh 1 Kwanyar. The output of this training was the prototype of the PTK research report and the Assistance for the preparation of the scientific paper Master Janteh 1 Kwanyar Bangkalan produced scientific papers.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan pada guru untuk membudayakan literasi menulis. Pelatihan ini dilakukan berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN 31 UTM dalam mengembangkan budaya literasi menulis bagi guru sekolah dasar di wilayah Kwanyar Bangkalan. Sasaran penelitian ini adalah guru sekolah dasar SDN Janteh 1 Kwanyar Bangkalan. Melalui kegiatan ini membantu mengembangkan terciptanya suasana akademik yang literat, yang mampu membuat komunitas sekolah antusias untuk belajar dan berliterasi khususnya bagi guru guru di SDN Janteh 1 Kwanyar.  Output dari pelatihan ini adalah prototipe laporan penelitian PTK dan Pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah Guru Janteh 1 Kwanyar Bangkalan menghasilkan karya tulis ilmiah.


Keywords


Primary school teachers; scientific papers; literacy; Guru sekolah dasar; karya tulis ilmiah; literasi

Full Text:

PDF

References


Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Akhadia, S. (1994). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Artana, I. K. (2015). Perpustakaan, Masyarakat, Dan Pembudayaan Gemar Membaca. Acarya Pustaka Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/ap.v1i01.7145

Aulawi, M. B. (2011). Optimalisasi layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa." Pustakaloka 3.1 (2011): 117-127. Pustaloka, 3(1), 117–127.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750

Mahanani, P. (2018, December). Analysis of Challenges and Needs of Generation Behavior in 21st Century. In International Conference on Education and Technology (ICET 2018) (pp. 146-149). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.19

Mufti, A. Y. A. (2016). Soft Skill Bagi Guru Dalam Pendidikan Islam. Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 14.

Sadik, J. (2016). Keragaan Relatif dan Karakteristik Perkembangan Kecamatan Di Kabupaten Bangkalan. Media Trend, 11(1), 20. https://doi.org/10.21107/mediatrend.v11i1.1353

Santoso, E. B., & Rohmawati, A. N. (2017). Penentuan Cluster Pengembangan Komoditas Unggulan Desa-Desa Tertinggal Di Kabupaten Bangkalan Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Teknik ITS, 6(2), C334–C338. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.27936

Sari, M. K., Rulviana, V., & Budyartati, S. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 5, 15. http://dx.doi.org/10.30651/else.v5i1.6382

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca Di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58

Wati, H. (2020). MODEL Membudayakan Budaya Membaca Melalui Buku Anak-Anak. Lentera: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 10.

Yunus, A., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v4i1p51-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats