Penerimaan Cergam Pakai Masker Yuk pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Blimbing Kota Malang

Rany Ekawati

Abstract


COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2 dengan menunjukkan gejala gangguan pernafasan akut seperti demam diatas 38 derajat celcius, batuk dan sesak nafas bagi manusia. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini dibagi menjadi empat bagian yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, pembuatan laporan. Jumlah kasus Positif covid-19 di Kecamatan Blimbing terbanyak dari pada kecamatan lain di Kota Malang sehingga anak-anak berisiko terkena Covid-19. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini mengedukasi anak sekolah TK di Kecamatan Blimbing dengan cerita bergambar Pakai Masker Yuk agar mau menggunakan masker di masa pandemi COVID-19. Media edukasi cergam mendapaTKan respon dari guru yaitu isi cerita baik sebanyak 71 persen, kalimat yang digunakan baik sebanyak 61,3 persen, suara dalam video baik sebanyak 54,8 persen. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu sekolah TK yang berada di Kecamatan Blimbing dengan jumlah 31 TK mendapatkan edukasi dengan story telling Cerita Bergambar (cergam) Pakai Masker Yuk, dan dilengkapi dengan video edukasi yang menarik sehingga mendapatkan respon yang baik dari murid beserta guru.

Keywords


COVID-19, Cerita Bergambar, Anak TK

Full Text:

PDF

References


Fitri, B. M., Widyastutik, O., & Arfan, I. (2020). Penerapan Protokol Kesehatan Era New Normal dan Risiko COVID-19 Pada Mahasiswa. Riset Informasi Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.30644/rik.v8i2.460.

Kemenkes RI. (2020). Situasi Terkini Covid-19. (Online), (https://infeksiemerging.kemkes.go.id), diakses pada tanggal 23 Februari 2021.

Permenkes RI KMK No. HK.01.07/MENKES/382/2020. (2020). Corona virus disease 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 9(Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus DIsease 2019 (COVID-19)), 2–6. http://jurnalrespirologi.org/index.php/jri/article/view/101.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Syah, D. Z. R., Utari, D., & Adinugraha, T. S. (2020). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’Minin …. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada, 2(2), 28–33. http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/408.

Witradharma, T. W., & Jumiyati. (2019). Efektifitas Media Cerita Bergambar (CERGAM) Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa PAUD/TK. Jurnal Kesehatan, 10(2). https://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten/pp/pp-no.-66.tentang-kesehatan-lingkungan-pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um044v6i1p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rany Ekawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Preventia , ISSN: 2528-3006 (online), ISSN: 2528-2999 (cetak) email: jurnalpreventia@um.ac.id

Jurnal Preventia: Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia diindeks oleh:

     

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats