Pengaruh Edukasi Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak di Masa Pandemi
Abstract
The Ministry of Health swiftly carried out control efforts by releasing Circular No. HK.02.02/I/385 to simultaneously actively participate in preventing the transmission of COVID-19 through the Masks for All movement and the provision of hand washing facilities with soap (CTPS). The purpose of the study was to analyze the effect of CTPS education and practice in increasing the knowledge of Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadin students. The type of research carried out is experimental research with a pre-experimental research design one-group pretest-posttest design. The population of the study was all students of Madrasah Tarbiyatul Mubtadin with a sample of 21 students of class IV Madrasah Tarbiyatul Mubtadin. The sampling technique is total population sampling and data collection techniques are through questionnaires. Data analysis using data processing software using paired t-test. The results of the paired t-test statistic showed a value (p-value is 0.000) less 0.05 so it could be stated that there was a significant difference between the students' knowledge of handwashing with soap before and after the intervention. There was an increase in the level of students' knowledge before and after the intervention and there was an influence of education and practice on students' knowledge of Handwashing with Soap (CTPS) at Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadin during the Pandemic Period.
World Health Organization sejak tanggal 11 Maret 2020 menetapkan Indonesia menjadi pandemi COVID-19. Kementerian Kesehatan dengan sigap melakukan bentuk upaya pengendalian dengan merilis Surat Edaran No.HK.02.02/I/385 supaya serentak secara aktif ikut serta dalam pencegahan penularan COVID-19 melalui gerakan Masker untuk Semua dan penyediaan sarana cuci tangan dengan sabun (CTPS). Tujuan Penelitian adalah menganalisis pengaruh edukasi dan praktik CTPS dalam peningkatan pengetahuan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadin. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra-eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Tarbiyatul Mubtadin dengan sampel yaitu siswa kelas IV Madrasah Tarbiyatul Mubtadin sebesar 21 siswa. Teknik sampling yaitu total population sampling dan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Analisis data menggunakan software pengolahan data menggunakan uji paired t-test. Hasil uji statistik paired t-test menunjukkan nilai (p-value sama dengan 0,000) kurang dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun siswa sebelum dan setelah intervensi. Terdapat peningkatan tingkat pengetahuan siswa sebelum dan setelah intervensi serta terdapat pengaruh edukasi dan praktik terhadap pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadin di Masa Pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amareta, D. I., & Ardianto, E. T. (2017). Penyuluhan kesehatan dengan metode emo demo efektif meningkatkan praktik CTPS di MI Al-Badri Kalisat Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 246–250.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Surat Edaran Nomor : 440/481/429.112/2020 Tentang Kewaspadaan Dan Pencegahan Terhadap Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Pub. L. No. Nomor : 440/481/429.112/2020, 1 (2020).
Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. (2021). Profil kesehatan Kabupaten Banyuwangi 2020. In Profil Kesehatan Kabupaten Banyuwangi: Vol. (Issue). https://doi.org/10.29239/j.agrikan.9.2.i-iii
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2020). Profil kesehatan Provinsi Jawa Timur 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
Hartanti, R. D., Kurniawati, T., & Murnita, R. (2019). Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) melalui budaya Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ). University Research Colloqium 2019, 1, 124–129.
Hasanah, U., & Mahardika, D. R. (2020). Edukasi perilaku cuci tangan pakai sabun pada anak usia dini untuk pencegahan transmisi penyakit. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–9.
Kalsum, U. (2018). Penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan di SMPN 13 Jakarta Timur. 2(2), 8–13.
Kartika, M., Widagdo, L., & Sugihantono, A. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang Mia. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(5), 339–346.
Kemenkes RI. (2020). Panduan cuci tangan pakai sabun. In DIirektorat Kesehatan Lingkungan.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). InfoDatin perilaku CTPS di Indonesia. In Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Indonesia.
Kementrian Kesehatan. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). In Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Revisi 4).
Kementrian Kesehatan RI. (2021). Situasi global perkembangan Novel Coronavirus (COVID-19).
Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, 33 Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan 1 (2020).
Kurniatillah, N. (2017). Pengaruh penyuluhan PHBS tentang cuci tangan pakai sabun terhadap pengetahuan, sikap dan praktik siswa Kelas V SDN Taman Kota Serang. Faletehan Health Journal, 4(3), 153–157.
Natsir, M. F. (2018). Pengaruh penyuluhan CTPS terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 169 bonto parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2), 1–9.
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta.
Purimahua, S. L. (2019). Efektifitas metode demonstrasi sebagai media edukasi Cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada mahasiswa FKM Undana tahun 2019.
Radhika, A. (2020). Hubungan tindakan cuci tangan pakai sabun dengan kejadian diare pada balita di RW XI Kelurahan Sidotopo, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Medical Technology and Public Health Journal, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.33086/mtphj.v4i1.773
Sagune, N. S. R., Engkeng, S., & Punuh, M. (2021). Pengaruh penyuluhan cuci tangan pakai sabun terhadap sikap pencegahan diare pada peserta didik di SD Gmist Imanuel Ondong Kabupaten Sitaro. Jurnal KESMAS, 10(1), 23–30.
Saputri, A. A., & Suryati, S. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan audio visual terhadap pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada anak Kelas IV Di MI Jamilurrahman Bantul. Jurnal Medika Resparu, 14(3).
Tulak, G. T., Ramadhan, S., & Musrifah, A. (2020). Edukasi perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa untuk pencegahan transmisi penyakit. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 37. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1702
Wati, N., Yuniar, N., & Paridah, P. (2017). Pengaruh intervensi penanyangan video terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang cuci tangan pakai sabun pada siswa SDN 10 Kabawo tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(5), 1–15.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um044v7i22022p55-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Evy Tri Pratiwi, dkk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Preventia , ISSN: 2528-3006 (online), ISSN: 2528-2999 (cetak) email: jurnalpreventia@um.ac.id
Jurnal Preventia: Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia diindeks oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.