Analisis Kesulitan Belajar Membaca pada Anak Kelas III Sekolah Dasar

Khairurrazikin Khairurrazikin, Fitri Yuliawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan peserta didik  yang mengalami kesulitan belajar pada kelas III SD Al-Hidayah Poncokusumo Malang. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas III dan 1 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami peserta didik yang sangat kompleks seperti belum mengenal semua huruf ABJAD, sulit membedakan beberapa huruf, sulit untuk mengejanya, mengeja dengan terbata-bata dan terutama tidak bisa fokus belajar ketika diajarkan cara membaca sehingga sangat menyulitkan anak untuk bisa memahami dan menghafal semua huruf ABJAD. Faktor kesulitan belajar membaca peserta didik berasal dari faktor internal dan eksternal peserta didik.


Keywords


kesulitan belajar membaca, membaca, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D. (2016). Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca. Jurnal Suloh, 1(1).

Alves, K. D., Kennedy, M. J., Brown, T. S., & Solis, M. (2015). Story Grammar Instruction with Third and Fifth Grade Students with Learning Disabilities and Other Struggling Readers. Learning Disabilities: A Contemporary Journal, 13(1), 73-93.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2849

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079

Faizin, I. (2020). Strategi Guru Dalam Penanganan Kesulitan Belajar Disleksia. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 1. https://doi.org/10.26877/empati.v7i1.5632

Faruq, F., & Pratisti, W. D. (2022). Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 243–248. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.392

Gafoor, K. A. (2014). Tests Screening Reading Difficulty in Malayalam among Upper Primary School Boys. In Online Submission (Vol. 2, pp. 271–282). Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED560698

Gafoor, K. A., & Remia, K. R. (2017). Influence of Home Language Environment on Reading Status in Malayalam among Grade 4 Students in Kerala. In Online Submission (Vol. 5, pp. 609–617). Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED615473

Grünke, M., & Skirde, I. (2022). The Effects of the PESTS Strategy on the Spelling Skills of a Third Grader With Severe Literacy Difficulties. Insights into Learning Disabilities, 19(2), 193-201.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.516

Jatiwuni, A. (2019). (Drill) Improving Beginning Writing Skills Through Drill Methods. BASIC EDUCATION, 8(21), 2-026.

Laila, A., Budiningsih, C. A., & Syamsi, K. (2021). Textbooks based on local wisdom to improve reading and writing skills of elementary school students. Res Educ, 10(3).

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278

Levlin, M., Okonski, L., & Sullivan, K. P. H. (2022). Educational attainment in Swedish (L1) and English (L2) for students with reading difficulties: A longitudinal case study from primary to the end of secondary school. Scandinavian Journal of Educational Research, 1–17. https://doi.org/10.1080/00313831.2022.2123850

Lubis, S. S., Juhra, A., & Helmi, N. (2023). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, dan Menghitung (Studi Kasus pada SDN Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar). Pionir: jurnal pendidikan, 11(3). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i3.16507

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.247

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301-306.

Silmi, M. N., Febriani, W. D., & Nurani, R. Z. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 3 Cilangkap. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 1(2), 22–34. https://doi.org/10.36423/pjsd.v1i2.867

Suartini, N. W. P. (2022). Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 141. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Udhiyanasari, K. Y., & Prystiananta, N. C. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Metode Analisis Glass. Journal of Elementary School (JOES), 2(1), 1–4. https://doi.org/10.31539/joes.v2i1.572

Veerabudren, S., Kritzinger, A., Graham, M. A., & Geertsema, S. (2023). Grade 4 learners with reading and writing difficulties in Mauritius: Oral reading and spelling characteristics. South African Journal of Childhood Education, 13(1), 1-9.

Zhang, W., & Smolen, L. A. (2022). A tiered texts approach for scaffolding reading comprehension for English learners and struggling readers. International Journal of Curriculum and Instruction, 14(2), 1249-1269.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i22023p130-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats