TEKNIK MODELING SIMBOLIS DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Irvan Usman, Meiske Puluhulawa, Mardia Bin Smith

Abstract


Seseorang dapat merubah, menambah maupun mengurangi tingkah lakunya dengan belajar melalui observasi langsung (observational learning) untuk meniru perilaku orang maupun tokoh yang ditiru (model) sehingga individu memperoleh tingkah laku baru yang diinginkan. Modeling simbolis adalah salah satu teknik dalam pendekatan behavioristik. Pendekatan ini dikemukakan oleh B. F Skinner. Menurut pendekatan ini bahwa pada dasarnya manusia bersifat mekanistik atau merespon kepada lingkungan dengan control yang terbatas, hidup dalam alam deterministik dan sedikit berperan aktif dalam menentukan martabatnya. Teknik modeling simbolis merupakan suatu teknik yang bisa digunakan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk mengembangkan potensi secara optimal maupun menangani permasalahan yang yang dihadapi oleh siswa tersebut.

Keywords


teknik modeling simbolis; layanan bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S & Manrihu, M.T. (2009). Teknik dan Laboratorium Konseling. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(4), 336-342

Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 2(1)

Basri, H. (2000). Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Corey, G. (2007). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemahan Oleh Koeswara. Bandung: Refika Aditama.

Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa.

Goelman, D. (2005). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, R. D. (2011). Teori dan Aplikasi Psikologi kepribadian dan Konseling. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Hutomono, S. (2011). Observasional Learning: Metode Psikologis Yang dilupakan dalam Psikologis Olahraga”. Jurnal Ilmiah SPIRIT. 11, (2), 25-35

Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 1(1).

Mukhid, A. (2009). Self Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya Terhadap Pendidikan). Jurnal Tadris. 4(1)

Nursalim, M. (2005). Strategi Konseling. Surabaya: UNESA.

Prastika, B. S. (2013). Efektivitas Teknik Memberi Contoh Simbolis (Symbolic Model) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Magetan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal COUNSELIUM. 1(2).

Sarah, S., Gading, I. K., & Lestari, L. P. S. (2016) Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Simbolik dan Teknik Disensitisasi Sistematis Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Kelas X Tata Kecantikan dan SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. 4, (1).

Shaleh, A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.

Susati, A. R. & Pratiwi, T. I. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Strategi Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Layanan Informasi. Jurnal BK Unesa 4,(1)

Winkel, W. S. & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, S. & Nurhisan A. J. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.