PENGARUH MEDIA KARTU DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK PENGENTASAN MASALAH SISWA

Martunis Martunis, Khairul Bariah, M. Husen

Abstract


Dalam proses layanan konseling, ditemukan masih banyak siswa (klien) yang sulit dapat mengungkapkan masalah kepada konselor dalam mengatasi permasalahan secara mandiri. Karena itu penelitian ini dilaksanakan  bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi masalah siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa yang dipilih secara sampling kuota. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik pengolahan data menggunakan Mann-Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa U ≤ U tabel (21,5 ≤ 23) dengan nilai α 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang positif dan signifikan sebelum dan setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan menggunakan media kartu dalam mengentaskan masalah siswa. Adanya media kartu juga dapat meningkatkan aktifitas, minat dan motivasi siswa dalam layanan konseling kelompok. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa layanan konseling kelompok dengan media kartu tersebut efektif dalam mengatasi masalah siswa dapat diterima.

Keywords


media kartu; konseling kelompok

Full Text:

PDF

References


Asra, S. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Bastiah, A. (2017). Penggunaan Media Layanan dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMK. Muhammadiyah 3 Banjarmasi. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur

Geldard, K. & Geldard, D. (2011), Konseling Anak-Anak (Panduan Praktis), Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Hallen A. (2005). Bimbingan Konseling. Jakarta : Quantum Teaching

Kadir, A. (2010). Media Permainan Kokami. www.duniaguru.com. Diakses pada tanggal 17 Mei 2017

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan Konseling. Jakarta: indeks

Prayitno, & E. A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sativa, D. Y. (2012). Penggunaan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Kolombo Sleman, Yogyakarta. FISIP: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Winkel, W. S. (2008). Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia

Yusuf, S. & Nurihsan, A. J. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.