LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PPB/BK FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017

Mirza Irawan

Abstract


Layanan bimbingan kelompok (selanjutnya disingkat layanan BKp) merupakan salah satu wahana dalam upaya meningkatkan kualitas interaksi sosial individu. Layanan BKp merupakan suatu kegiatan yang mengandung unsur psikopedagogis yang memanfaatkan dinamika kelompok, dengan jumlah anggota kelompok yang memungkinkan pemimpin kelompok dapat melakukan pendekatan personal, serta dilakukan secara berkesinambungan yang berisi pemberian informasi yang berkaitan dengan interaksi sosial lebih mendalam. Informasi tersebut diberikan terutama dengan tujuan memperbaiki dan mengembangkan kemampuan sosial mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas interaksi sosial mahasiswa melalui layanan BKp. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttes design. Subjek penelitian adalah  mahasiswa semester III Jurusan PPB/BK FIP UNIMED T.A 2016/2017.  Penentuan subjek penelitian dengan memanfaatkan data hasil pengaplikasian instrument  E-Sosiometri. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket interaksi sosial. Data dianalisis menggunakan teknik persentase skor dan untuk melihat perbedaan kualitas interaksi sosial mahasiswa sebelum (pre test) dan sesudah (post test) yang diberi perlakuan dengan  layanan bimbingan kelompok, dilakukan dengan analisis data dengan menggunakan metode teknik uji statistik non-parametrik, yaitu   Wilcoxon test. Hasil analisis data pre test  menunjukkan kualitas interaksi sosial mahasiswa pada kategori sedang. Selanjutnya, analisis data post test (setelah perlakuan) kualitas interaksi sosial mahasiswa pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan pada tabel untuk uji wilcoxon jumlah jenjang yang kecil atau Thitung nilainya adalah 105 sedangkan Ttabel untuk n = 14 dengan taraf kesalahan 5% nilainya adalah 21. Sehingga Thitung 105,0 > Ttabel 21,0 atau berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya kualitas interaksi sosial mahasiswa semester III jurusan PPB/BK tahun 2016 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok (BKp).


Keywords


bimbingan kelompok; interaksi sosial; kualitas

Full Text:

PDF

References


A.Muri Yusuf. (2005). Dasar-dasar dan Teknik Evaluasi Pendidikan. Padang. UNP Press.

Arikunto, Suharsimi (1989). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Renika cipta

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial edisi revisi. Malang : UMM Press.

Gerungan. W.A, (2009). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Hawadi. R, (2004). Akselarasi : A-Z Informasi ; Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo

Hoffman, Chris. (2001). Introduction to Sociometry. (Online) http://www.hoopandtree.org/sociometry.-

Munro, E.A., Manthei, R.J. & Small, J.J. (1979). Counselling: A Skill Approach. Wellington: Menthuen Publicatican

Santosa, Slamet.( 2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Shertzer, Bruce and Stone, Shelley C. (1981). Fundamentalisme Of Guidance (Forth Edition). United States: Publisher: Houghton Mifflin Harcourt (HMH).

Soekanto, Soerjono. (2004). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sosiologi, Tim.( 2003). Sosiologi Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat Kelas 1 SMA. Jakarta: Yudhistira.

Suranto , A.W, (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

W.S. Winkel. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Walgito, Bimo, (2003). Psikologi Sosial.Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.