KEPUASAN STAKEHOLDER DALAM OLAHRAGA MULTI EVENT SEBAGAI MODAL SPORT MARKETING

Sapto Adi

Abstract


Pemasaran dibidang olahraga pada saat ini berkembang begitu pesat di era revolusi industri 4.0. Pemasaran olahraga tidak hanya diterapkan pada produk barang dan jasa, namun juga termasuk hasil kekayaan intelektual keolahragaan. Dalam multievent olahraga diperlukan pengelolaan yang baik dari tahap persiapan, pelaksanaa, dan evaluasi kegiatan. Evaluasi sebagai salah satu cara untuk mengetahui keberhasil kegiatan. Berdasarkan evaluasi kegiatan diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden memberikan balikan yang baik dan sangat baik, serta respon yang positif terhadap pelaksanakan kegiatan multievent olahraga. Kepuasan stakeholder ini di masa yang akan datang dapat dipergunakan sebagai modal untuk memasarkan event olahraga kepada custumer.

Keywords


sport marketing, kepuasan, stakeholder

Full Text:

PDF

References


Barajas, A., Coates, D., & Sanchez-Fernandez, P. (2016). Beyond retrospective assess-ment. Sport event economic impact studies as a management tool for informing event organization. European Research on Management and Business Econom-ics, 22(3), 124–130. https://doi.org/10.1016/j.iedee.2015.05.001

Cecep Supriadi Posted on July 23, 2014 https://marketing.co.id/apa-itu-sport-marketing/

Harsuki , M.A dalam bukunya “ Pengantar Manajeman Olahraga “ ; 2012

https://en.wikipedia.org/wiki/Sports_marketing

https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/

Nugroho, A., 2005. Strategi Pemasaran Pada Bisnis Industri Olahraga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan dalam bukunya “Marketing 3,0 “ ; 2010

Quester, P.G., 2010. Strategic Sport Marketing. Australasian Marketing Journal (AMJ) 6, 95–97. doi:10.1016/s1441-3582(98)70242-3

Reese, J. D., & Kerr, M. D. (2013). Price tiers as antecedents of event quality in the sport industry. International Journal of Revenue Management, 7(2), 119–137. https://doi.org/10.1504/IJRM.2013.055684.

Reftari, D.H., Suryana, A., Setiaman, A., 2019. Komunikasi Pemasaran Olahraga Re-nang. Jurnal Kajian Komunikasi 6, 247. doi:10.24198/jkk.v6i2.13221

Schwarz, E. C., Hunter, J. D. (2013). Advanced Theory and Practice in Sport marketing. London: Routledge.

Shonk, D. J., & Chelladural, P. (2008). Service quality, satisfaction, and intent to return in event sport tourism. Journal of Sport Management, 22(5), 587–602. https://doi.org/10.1123/jsm.22.5.587

Smith, A.C.T., 2008. Introduction to Sport Marketing, Managing Sport and Leisure. doi:10.1080/23750472.2015.1074831)

Stewart, B., & Smith, A. C. (2014). Introduction to sport marketing. Routledge

Theodorakis, N. D., Kaplanidou, K. (Kiki), & Karabaxoglou, I. (2015). Effect of Event Service Quality and Satisfaction on Happiness Among Runners of a Recurring Sport Event. Leisure Sciences, 37(1), 87–107. https://doi.org/10.1080/01490400.2014.93884

Theodorakis, N. D., Kaplanidou, K. (Kiki), & Karabaxoglou, I. (2015). Effect of Event Service Quality and Satisfaction on Happiness Among Runners of a Recurring Sport Event. Leisure Sciences, 37(1), 87–107. https://doi.org/10.1080/01490400.2014.938846




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um057v10i1p42-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sapto Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Sport Science, ISSN :2620-4681 (online), ISSN :1907-5111 (print)
Email : jurnalilmukeolahragaan@gmail.com

Jurnal Sport Science is indexed by :

                          

 

  

 

In Collaboration with:

Reference management tools :

   

 

Plagiarism Check :


View Jurnal Sport Science Stats